Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2021, 20:38 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tanoto Foundation kembali membantu pasien Covid-19 dengan menyerahkan donasi 3.000 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) secara simbolis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (3/8/2021).

Chief Executive Officer (CEO) Global Tanoto Foundation J. Satrijo Tanudjojo mengatakan, pihaknya segera mengupayakan pengadaan oksigen ketika terjadi lonjakan kebutuhan oksigen cair medis dan konsentrator oksigen.

“Kami segera mengupayakan pengadaannya secara langsung melalui jejaring kami di dalam dan luar negeri serta bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mendistribusikannya ke rumah sakit di Indonesia,” kata Satrijo saat penyerahan donasi konsentrator oksigen.

Ia menekankan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kami berharap donasi ini bisa membantu menyelamatkan nyawa para pasien yang sedang berjuang melawan Covid-19,” tutur Satrijo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Senin (3/8/2021).

Baca juga: TNI Kirim Bantuan 50 Oksigen Konsentrator hingga 20.000 Alat Tes Antigen ke Papua

Sebagai informasi, sebanyak 3.000 unit konsentrator oksigen dikirimkan secara bertahap. Pada tahap pertama, sebanyak 1.000 unit konsentrator oksigen telah tiba di Tanah Air pada Senin (2/8/2021).

Bantuan konsentrator oksigen tahap pertama tersebut didatangkan langsung dari Guangzhou, China dengan menggunakan pesawat sewaan khusus Garuda Indonesia.

Adapun, pada tahap kedua, sebanyak 1.000 unit konsentrator oksigen dijadwalkan tiba di Jakarta pada Selasa (10/8/2021) mendatang.

Dalam keterangan tertulisnya, pihak Tanoto Foundation memaparkan, sejumlah 3.000 unit konsentrator oksigen dapat digunakan oleh 6.000 pasien per bulan atau 18.000 pasien dalam tiga bulan mendatang.

Sementara itu, penerima manfaat donasi pasokan oksigen adalah pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan sampai menengah. Mereka ini dinyatakan boleh dirawat di rumah dengan bantuan konsentrator oksigen.

Baca juga: Menkes: Jangan Tunggu Lama, Saturasi Oksigen di Bawah 94 Persen Harus ke RS

Sebelumnya, Kemenkes memang telah merekomendasikan pasien Covid-19 bergejala ringan sampai menengah untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) selama 10 hari dengan tambahan tiga hari setelah gejala menghilang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan apresiasinya pada Tanoto Foundation.

“Mewakili pemerintah Indonesia, saya berterima kasih kepada Tanoto Foundation atas respons cepat, tanggap, dan menyeluruh, yang memungkinkan kami berjuang melawan pandemi dengan sumber daya lebih baik,” ucap Menkes Budi.

Menurutnya, donasi dari Tanoto Foundation dapat memberikan harapan bagi setiap penduduk Indonesia yang terdampak pandemi.

Donasi konsentrator oksigen ini memberi kesempatan pada pasien untuk memiliki pasokan oksigen tetap di rumah, dan juga membebaskan sebagian tempat di rumah sakit, agar dapat digunakan oleh mereka yang lebih membutuhkan,” kata Menkes Budi.

Baca juga: Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Tanoto Foundation Donasikan 300 Ton Beras Premium

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com