Kompas.com - 03/08/2021, 20:38 WIB
Penyerahan simbolis donasi 3.000 konsentrator oksigen dari Tanoto Foundation kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, pada Selasa (3/8/2021). DOK. Humas Tanoto FoundationPenyerahan simbolis donasi 3.000 konsentrator oksigen dari Tanoto Foundation kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, pada Selasa (3/8/2021).

KOMPAS.com – Tanoto Foundation kembali membantu pasien Covid-19 dengan menyerahkan donasi 3.000 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) secara simbolis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (3/8/2021).

Chief Executive Officer (CEO) Global Tanoto Foundation J. Satrijo Tanudjojo mengatakan, pihaknya segera mengupayakan pengadaan oksigen ketika terjadi lonjakan kebutuhan oksigen cair medis dan konsentrator oksigen.

“Kami segera mengupayakan pengadaannya secara langsung melalui jejaring kami di dalam dan luar negeri serta bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mendistribusikannya ke rumah sakit di Indonesia,” kata Satrijo saat penyerahan donasi konsentrator oksigen.

Ia menekankan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kami berharap donasi ini bisa membantu menyelamatkan nyawa para pasien yang sedang berjuang melawan Covid-19,” tutur Satrijo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Senin (3/8/2021).

Baca juga: TNI Kirim Bantuan 50 Oksigen Konsentrator hingga 20.000 Alat Tes Antigen ke Papua

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, sebanyak 3.000 unit konsentrator oksigen dikirimkan secara bertahap. Pada tahap pertama, sebanyak 1.000 unit konsentrator oksigen telah tiba di Tanah Air pada Senin (2/8/2021).

Bantuan konsentrator oksigen tahap pertama tersebut didatangkan langsung dari Guangzhou, China dengan menggunakan pesawat sewaan khusus Garuda Indonesia.

Adapun, pada tahap kedua, sebanyak 1.000 unit konsentrator oksigen dijadwalkan tiba di Jakarta pada Selasa (10/8/2021) mendatang.

Dalam keterangan tertulisnya, pihak Tanoto Foundation memaparkan, sejumlah 3.000 unit konsentrator oksigen dapat digunakan oleh 6.000 pasien per bulan atau 18.000 pasien dalam tiga bulan mendatang.

Sementara itu, penerima manfaat donasi pasokan oksigen adalah pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan sampai menengah. Mereka ini dinyatakan boleh dirawat di rumah dengan bantuan konsentrator oksigen.

Baca juga: Menkes: Jangan Tunggu Lama, Saturasi Oksigen di Bawah 94 Persen Harus ke RS

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.