Kompas.com - 30/04/2021, 10:59 WIB
Presiden Joko Widodo bertemu dengan perwakilan keluarga 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur saat bertugas di Pangkalan TNI Angkatan Laut Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). Diketahui, setelah dilakukan upaya pencarian, KRI Nanggala yang hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi, dinyatakan tenggelam dan seluruh awak kapal dinyatakan meninggal dunia. SETPRES/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo bertemu dengan perwakilan keluarga 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur saat bertugas di Pangkalan TNI Angkatan Laut Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). Diketahui, setelah dilakukan upaya pencarian, KRI Nanggala yang hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi, dinyatakan tenggelam dan seluruh awak kapal dinyatakan meninggal dunia.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim memastikan 53 putra-putri awak KRI Nanggala-402 memperoleh beasiswa dari negara.

"Kami menyampaikan duka cita yang mendalam dan komitmen Kementerian untuk mendukung pendidikan putra-putri 53 awak KRI Nanggala-402," ucap Nadiem melansir laman Kemendikbud, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Nadiem Makarim Ingin Bermitra dengan BRIN

Dia menegaskan, keluarga besar di Kementerian yang dipimpinnya sangat berduka atas wafatnya para patriot kedaulatan negara.

Negara, kata Nadiem, memiliki hutang budi, bahkan nyawa kepada awak KRI Nanggala-402.

"Membantu anak-anak para patriot ini agar dapat mengenyam pendidikan adalah setidaknya yang dapat kami lakukan," jelas Nadiem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Puslapdik Kemendikbud, Abdul Kahar juga menyampaikan sesuai arah Nadiem, bahwa beasiswa pendidikan diberikan bagi seluruh anak keluarga KRI Nanggala-402.

Pada tahap awal, bilang dia, akan diberikan beasiswa kepada 51 anak.

"Itu terdiri dari 34 anak jenjang SD, 5 anak jenjang SMP, 4 anak jenjang SMA, dan 8 anak jenjang pendidikan tinggi," sebut dia.

Abdul menambahkan, pada tahun ini beasiswa diberikan bagi putra dan putri yang sudah masuk pendidikan formal.

Nantinya, lanjut dia, beasiswa akan diberikan juga bagi putra dan putri awak KRI Nanggala-402 yang saat ini masih balita.

Baca juga: Nadiem Makarim: Terima Kasih Franka yang Setia Mendukung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.