Kompas.com - 22/04/2021, 11:37 WIB
Logo Kementerian BUMN Kementerian BUMNLogo Kementerian BUMN
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pelamar kerja biasanya sulit menembus benteng perusahaan BUMN untuk menjadi karyawan. Karena, persentase yang dibuka sangat kecil.

Menurut Alumni Teknik Fisika ITS Mirza Rahmansyah, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa menjadi salah satu hal yang wajib dipersiapkan oleh pelamar kerja.

Baca juga: Rektor UIN Jakarta: Angka Perkawinan Anak Mengkhawatirkan

Lantaran, kata dia, IPK merupakan tolak ukur perusahaan dalam melakukan proses seleksi awal.

Namun perlu diingat, IPK juga bukan tolak ukur keberhasilan tahapan berikutnya.

"Jiwa work leader dan cepat tanggap dalam merespon instruksi dari suatu pekerjaan juga menjadi pertimbangan perusahaan," ucap dia melansir laman ITS, Kamis (22/4/2021).

Selanjutnya, bilang dia, curriculum vitae (CV) juga perlu dipersiapkan dengan baik, karena CV merupakan berkas yang cukup krusial.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyebut, perusahaan akan menyaring pelamar melalui CV, sehingga berkas ini perlu disusun semenarik mungkin dan mencantumkan poin-poin penting yang mudah dipahami.

"Mahasiswa dapat belajar mulai dari sekarang untuk menyusun CV yang baik, efektif, dan efisien," ujar pria yang kini bekerja di PT Rekayasa Industri (Persero).

Tak lupa, dia menjelaskan, hard skill dan soft skill sangat diperhatikan oleh perusahaan.

Keahlian pelamar ini bisa diperkuat melalui sertifikat-sertifikat yang didapat dari training, workshop, conference, dan masih banyak lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X