Kompas.com - 22/03/2021, 09:41 WIB
Laman pengumuman SNMPTN 2020 Dok. LTMPTLaman pengumuman SNMPTN 2020

KOMPAS.com - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diumumkan pada Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB.

Para peserta bisa mengecek pengumuman di laman utama http://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/ dan 28 laman mirror yang sudah disiapkan.

Nah, bagi kalian yang belum beruntung lolos di SNMPTN, jangan menyerah begitu saja. Optimalkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang masih dibuka hingga 1 April 2021.

Selain itu, kalian juga masih bisa berusaha masuk melalui jalur mandiri yang diadakan setiap perguruan tinggi negeri (PTN) nantinya.

Baca juga: Pengumuman Hasil SNMPTN 2021: Cek di Link Utama dan 28 Link Mirror Ini

Catat jadwal daftar ulang

Bagi kalian yang berhasil lolos dalam SNMPTN 2021, perlu diingat beberapa hal, yaitu melakukan daftar ulang atau registrasi.

Siswa yang dinyatakan lulus seleksi di PTN melakukan daftar ulang yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan waktu dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Selain itu, siswa yang sudah dinyatakan lulus harus mencermati dan menaati pengumuman resmi dari masing-masing PTN berkaitan dengan ketentuan, syarat, jadwal, hingga tempat daftar ulang atau registrasi.

Baca juga: UTBK-SBMPTN 2021: Link dan Cara Daftar, Biaya dan Syarat Peserta

Siswa belum lolos, maksimalkan SBMPTN dan jalur mandiri

Dalam pengumuman yang disampaikan di laman LTMPT, Ketua Tim Pelaksana LTMPT Prof Nasih juga telah menyampaikan bahwa peserta SNMPTN yang belum berhasil bisa mencoba jalur SBMPTN 2021. Pendaftaran bisa dilakukan lagi setelah pengumuman UTBK SBMPTN.

"Apabila peserta SNMPTN 2021 melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan lolos SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali," urai Prof Nasih dalam Surat Edaran dari Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 07/SE.LTMPT/2021 tentang Pendaftaran SBMPTN bagi Peserta SNMPTN.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah SBMPTN 2021 Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Perbandingan jumlah peserta SNMPTN 2021 dan 2020

Berdasarkan data LTMPT tanggal 23 Februari 2021 atau H-1 sebelum pendaftaran SNMPTN 2021 ditutup ada sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X