Kompas.com - 06/01/2021, 08:19 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah untuk mencegah penularan virus corona yang menyebabkan Covid-19. SHUTTERSTOCK/irem01Ilustrasi isolasi mandiri di rumah untuk mencegah penularan virus corona yang menyebabkan Covid-19.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Sampai saat ini masih terus terjadi penambahan kasus pasien yang terjangkit Covid-19.

Terlebih dengan berakhirnya libur sekolah dan akhir tahun, diperkirakan ada banyak masyarakat yang melakukan liburan atau bepergian.

Meski sudah menerapkan protokol kesehatan, namun hal itu tidak cukup. Maka seseorang yang telah melakukan perjalanan atau liburan ke suatu tempat, maka sebaiknya isolasi mandiri.

Untuk itu, bagi siswa, guru, orangtua maupun masyarakat wajib paham protokol isolasi mandiri.

Baca juga: Kembali Sekolah 2021? Siswa, Pahami Dulu 3 Gaya Belajar Ini

Merangkum akun Instagram Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, Selasa (5/1/2021), berikut ini infonya.

Protokol isolasi diri merupakan bagian dari protokol penanganan virus corona yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Isolasi mandiri sendiri perlu dijalankan supaya ruang isolasi di rumah sakit, bisa digunakan oleh orang-orang dengan kondisi penyakit yang sudah parah dan butuh penanganan intensif.

Tentu, tidak semua orang yang terinfeksi bisa diisolasi secara mandiri. Biasanya, protokol ini perlu diikuti oleh orang dengan kondisi penyakit yang tergolong ringan.

Sebab pada dasarnya, infeksi virus corona adalah penyakit self limiting disease atau bisa sembuh sendiri, selama daya tahan tubuh penderitanya baik.

8 protokol isolasi mandiri

Berikut ini 8 protokol isolasi mandiri pencegahan Covid-19 dari Kemenkes RI & BNPB:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X