Kompas.com - 16/11/2020, 10:15 WIB
Webinar Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) UPN Veteran Yogyakarta (UPN Jogja), Sabtu (14/11/2020). Tangkapan layar Zoom UPN JogjaWebinar Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) UPN Veteran Yogyakarta (UPN Jogja), Sabtu (14/11/2020).
|

KOMPAS.com - Tak hanya fasih dalam bertutur kata, tetapi seorang staf hubungan masyarakat (humas) atau public relations (PR) juga harus pandai melakukan hal-hal ini.

Terlebih bagi staf humas lembaga publik harus memahami cara memanajemen isu dan krisis. Ini sangat penting sekali dalam menjalankan profesinya.

Tentu hal itu untuk menjaga kredibilitas lembaga melalui kepercayaan publik.

Hal ini terungkap dalam webinar bertajuk Manajemen Isu dan Krisis Pelayanan Publik yang diselenggarakan Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) UPN Veteran Yogyakarta (UPN Jogja), Sabtu (14/11/2020).

Kegiatan yang digelar melalui aplikasi Zoom ini menghadirkan narasumber:

  1. Febri Diansyah, Mantan Juru Bicara dan Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
  2. Chessario Taufik Andhika, Analis Publikasi Bagian Humas dan Persidangan Kementerian ESDM.

Baca juga: Prodi Humas UPN Jogja Adakan Seminar, Bakal Bahas Ini

Peran humas lembaga publik

Dalam webinar itu dibahas mengenai peran humas lembaga pelayanan publik dalam memaksimalkan perannya dalam mengatasi terpaan isu-isu negatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemanfaatan media dan menjalin relasi yang baik dengan media menjadi salah satu kunci yang bisa dilakukan seorang PR dalam kondisi semacam itu.

"Kita manfaatkan apa yang kita miliki. Seperti media mainstream dan media sosial," ujar Chessario.

"Salah satu yang penting yakni pers rilis. Karenanya seorang PR wajib bisa membuat pers rilis yang baik dan benar," imbuh Chessario dari pengalamannya.

Tak hanya itu, pemanfaatan media sosial juga menjadi sesuatu yang memiliki dampak besar terhadap citra dan kredibilitas lembaga di era digital seperti sekarang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.