Kompas.com - 16/11/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi mahasiswa sedang mengasah soft skill. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa sedang mengasah soft skill.

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa tingkat akhir adalah salah satu fase yang harus dijalani dalam dunia perkuliahan. Pada fase ini, tugas akhir atau skripsi telah menunggu. Bahkan ketika telah dikerjakan, penulisan skripsi itu banyak mengalami revisi, ditambah lagi harus melakukan magang.

Di fase tingkat terakhir menjadi mahasiswa, bisa juga dikatakan sebagai waktu yang sangat krusial. Karena, masa ini merupakan penentu masa depan kalian, agar bisa melanjutkan ke dunia kerja.

Baca juga: Mahasiswa, Intip 5 Cara Tingkatkan IPK Saat di Masa PJJ

Melansir laman Ditjen Dikti, Minggu (15/11/2020), menyebutkan bahwa meski berada di tingkat akhir, tapi tidak selalu menyedihkan atau membuat kalian stres.

Agar tidak membuat kalian stres, setidaknya ada lima tips yang bisa kalian lakukan saat menjadi mahasiswa tingkat akhir.

1. Membuat daftar aktivitas yang akan dilakukan

Pada saat malam hari sebelum tidur, pastikan kalian membuat list kegiatan apa saja yang akan dilakukan esok hari. Kalian bisa urutkan dari mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, mulai dari yang mendesak sampai yang tidak.

Lalu, tulis juga apa yang bisa menghambat, beserta solusi yang harus kalian lakukan.

Jika kalian lakukan hal ini, maka akan mempermudah jalan pendidikan di fase tingkat akhir.

2. Berhenti menunda

Harus digarisbawahi, kalian jangan sampai menunda pekerjaan pada saat fase terakhir menjadi mahasiswa. Semakin ditunda, maka akan semakin menumpuk pula pekerjaan yang harus diselesaikan.

Bila pekerjaan menumpuk, maka akan membuat malas kalian. Makanya harus dicicil mulai sejak awal.

3. Lawan rasa takut

Memang seringkali rasa cemas muncul ketika mengerjakan sesuatu yang dianggap sulit. Akhirnya, hal ini menjadi penghambat dan membuat diri tidak produktif di fase tingkat akhir di perguruan tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X