Mahasiswa UB Ciptakan Gel Pemutih Gigi dari Bahan Alami Ini

Kompas.com - 21/09/2020, 11:38 WIB
Ilustrasi gigi putih KurhanIlustrasi gigi putih
|

KOMPAS.com - Gigi yang warnanya berubah menguning, tentu membuat seseorang kurang percaya diri. Oleh karenanya banyak yang menggunakan pemutihan gigi atau bleaching.

Tetapi, bahan pemutih gigi itu memberikan efek meningkatnya porositas atau penurunan kekuatan gigi, sehingga menurunkan kekerasan enamel.

Oleh karena itu, tiga mahasiswa Universitas Brawijaya ( UB) Malang membuat gel pemutih gigi dari bahan alami ini. Apa bahan tersebut?

Baca juga: Dosen Filkom UB Ciptakan Game Edukatif Laju Reaksi bagi Siswa SMA

Gunakan asam jawa

Melansir laman UB, Senin (21/9/2020), tiga mahasiswa tersebut menggunakan bahan asam jawa untuk dijadikan bahan pemutih gigi.

Adapun ketiga mahasiswa itu ialah Ririn Lutvita Sari (FKG), Afina Muti’ah Tuhepaly (FKG), dan Kharisma Ghanyysyafira (FT).

Menurut Ririn, gigi yang mengalami perubahan warna secara ekstrinsik, sulit dihilangkan dengan cara menggosok gigi ataupun scalling. Maka cara lain yang digunakan ialah dengan pemutihan gigi.

Untuk itulah mereka menggunakan bahan alami yang mempunyai kemampuan untuk merubah warna gigi atau menghilangkan noda gigi yaitu asam malat (malic acid).

Salah satu buah yang mengandung asam malat adalah buah asam jawa (Tamarindus indica L). Mereka kemudian mengubah Asam Jawa menjadi gel untuk menjadi produk pemutih gigi.

"Sedangkan cara atau pengaplikasiannya ke gigi ialah selama kurang lebih 10-20 menit dan dilakukan 2-3 kali dalam satu hari," ujarnya.

Memiliki ukuran nanopartikel

Menurutnya, gel dari asam jawa ini lebih efektif dan aman karena memiliki ukuran nanopartikel, dan menggunakan bahan-bahan alami.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X