8 Mahasiswa Terbaik di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2020

Kompas.com - 15/09/2020, 07:50 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul menjadi salah satu fokus untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Tiga kecerdasan yang menjadi bekal SDM unggul ialah kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) memfasilitasi usaha-usaha untuk menciptakan mahasiswa unggul yang memiliki keseimbangan antara ketiga kecerdasan dengan menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional 2020.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud Ainun Naim mengatakan, semua peserta Pilmapres adalah juara karena telah menunjukkan keunggulan mentalnya, terutama dalam menghadapi dinamika global yang sangat tinggi di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

"Saya ucapkan selamat kepada pemenang, dan bagi yang belum berhasil, tetap semangat karena kejuaraan dan kesuksesan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja," ucap Ainun di Jakarta, Sabtu (12/9/2020), seperti dilansir laman Kemendikbud.

Kepala Puspresnas Kemendikbud Asep Sukmayadi selaku Ketua Panitia menyampaikan, salah satu bentuk inovasi dalam pelaksanaan kegiatan tahun ini berupa optimalisasi penggunaan teknologi informasi dalam menjaring dan menyaring mahasiswa yang berprestasi unggul, dengan asas kesetaraan mutu PTN dan PTS, serta keterwakilan dalam wilayah untuk mahasiswa dari program sarjana dan program diploma.

Asep menjabarkan, Tahap I diikuti oleh 646 peserta yang terdiri atas 443 mahasiswa Program Sarjana (S1) dan 202 mahasiswa Program Diploma.

Tahap II diikuti oleh 238 peserta yang terdiri dari 174 peserta dari jenjang sarjana dan 64 peserta dari jenjang diploma.

Baca juga: Ingin Kuliah S1-S2 ke Selandia Baru? Ada Beasiswa Senilai Rp 100 Juta

Sementara itu, Babak Final (Tingkat Nasional) diikuti finalis sebanyak 41 peserta yang terdiri atas 21 finalis Program Sarjana dan 20 finalis Program Diploma.

Berikut nama-nama pemenang Pilmapres Tahun 2020:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X