Lindungi Tenaga Medis, Tim Peneliti UI Buat Bilik Swab Test Covid-19

Kompas.com - 28/05/2020, 08:00 WIB
Peneliti Lintas Ilmu di UI Buat Bilik Swab Test COVID-19 untuk Keamanan Tenaga Kesehatan saat Pengambilan Sampel Dok. UIPeneliti Lintas Ilmu di UI Buat Bilik Swab Test COVID-19 untuk Keamanan Tenaga Kesehatan saat Pengambilan Sampel

KOMPAS.com - Tim peneliti lintas ilmu di Universitas Indonesia ( UI) mengembangkan Bilik Swab Test (Swab Test Chamber) COVID-19 sebagai alat penunjang pemeriksaan swab PCR.

Pengembangan tersebut dibuat lantaran tantangan tenaga medis untuk tes swab dan keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD).

Inovasi Bilik Swab Test ini dilakukan oleh para dokter di Fakultas Kedokteran (FKUI), insinyur di Fakultas Teknik (FTUI), dan para akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI) yang bekerja sama dengan Rumah Sakit UI (RSUI).

Tak hanya aman bagi tenaga kesehatan, melainkan bilik ini juga aman bagi pasien tes berikutnya. Bilik swab dilengkapi dengan disinfektan dan ultraviolet. Untuk komunikasi dengan pasien di luar, bilik dilengkapi sistem penerangan dan audio.

Ketua Tim Bilik Swab Test, dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid menjelaskan, “Pada awal proses pengembangan produk, purwarupa Bilik Swab Test mengacu pada standar keamanan laboratorium Kementerian Kesehatan RI yang mencakup tekanan udara, pengaturan aliran udara dan protokol pemeriksaan COVID-19."

Baca juga: Ini Bentuk Bilik Tes Swab Corona Drive Thru Buatan UGM

dr. Agus mengatakan bilik Swab Test menggunakan material berkualitas dan telah melalui proses simulasi penggunaan bilik swab oleh dokter dan tenaga kesehatan agar proses pemeriksaan dapat berlangsung aman, nyaman, serta sesuai dengan kondisi tempat diletakkannya bilik swab (dalam ruangan atau luar).

"Bilik juga disesuaikan dengan kondisi Indonesia yang panas dan lembab, sehingga dilengkapi dengan sambungan aliran udara yang memiliki filter dan bertekanan positif di dalamnya agar pemeriksa menjadi lebih nyaman dan terlindungi," kata dr. Agus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Pengembangan Bilik Swab Test ini didukung oleh hibah Program Pendanaan Perancangan dan Pengembangan Purwarupa (P5) khusus penanganan COVID-19 dari Direktorat Inovasi dan Science Tekno Park (DISTP) UI.

Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi Prof. Abdul Haris menuturkan, “UI terus mengawal ragam inovasi karya sivitas akademika UI khususnya untuk mendukung penanganan COVID-19. Kami berharap, semangat UI menghasilkan inovasi dapat mendukung pemerintah di dalam kemandirian produksi dalam negeri.”

Di sisi lain, Dekan FKUI, Prof. Ari Fahrial Syam mengatakan “Keberadaaan Swab Test Chamber yang dirancang oleh kolaborasi lintas keilmuan di UI ini tentu sangat penting dan bermanfaat untuk melindungi para tenaga medis dalam pemeriksaan swab COVID-19."

Selain rasa aman, Prof. Ari melanjutkan para tenaga medis yang memeriksa pasien dengan menggunakan Swab Test Chamber ini juga akan merasa nyaman.

"Inovasi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi pendemik COVID-19,” kata Prof. Ari.

Selain dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan tenaga medis saat pengambilan sampel uji COVID-19, Bilik Swab Test ini juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas diagnostik pemeriksaan COVID-19 sehingga semakin banyak sampel swab yang dapat diambil.

Tim peneliti ini telah memproduksi Bilik Swab Test dan menyerahkannya kepada RSUI. Kini, RSUI merupakan rumah sakit pertama menggunakan Bilik Swab Test karya inovasi UI.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X