Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Belajar Mencintai Diri Sendiri, Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

Kompas.com - 07/04/2020, 11:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mencintai diri sendiri sekilas mungkin terdengar egois, tetapi hal ini ternyata punya dampak yang besar terhadap kesehatan mental seseorang.

Ketika seseorang merasa insecure dengan diri sendiri, mengkritik diri berlebihan, terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain, bahkan sampai membenci dirinya sendiri, jalan keluarnya ada pada bagaimana dia melatih untuk mencintai diri.

Buku "I (Hate) Love Me" terbitan Elex Media Komputindo ini menawarkan panduan praktis untuk belajar mencintai diri sendiri. Buku ini digarap oleh tim Ibunda.id, sebuah platform yang menyediakan layanan psikologis berbasis teknologi.

Dikemas dengan visual yang penuh warna dan beragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan pembaca membuat buku ini menjadi tidak membosankan untuk dibaca, bahkan untuk dalam waktu yang lama sekalipun.

Baca juga: Buku yang Dapat Mengurai Sistem Berpikir Kita

Buku ini dapat menjadi alternatif pilihan menarik untuk memperkaya pengembangan diri agar tetap produktif di masa bekerja dari rumah atau work form home.

3 tahapan mencintai diri

Buku dengan dengan cover classic blue ini terdiri dari 3 bagian.

Bagian pertama: mengenal diri

Bagian pertama membahas tentang self knowledge atau pengetahuan tentang sejauh mana kita mengenal diri sendiri. Lewat pembawaannya yang mengalir, buku ini mengajak pembaca untuk lebih mengenal seperti apa sih sebenarnya kelebihan dan kelemahan yang kita miliki.

Bagian kedua: penerimaan diri

Selanjutnya, di bagian kedua, membahas tentang self acceptance atau penerimaan diri. Bagaimana kita menerima kelemahan diri, termasuk masa lalu yang tidak menyenangkan di dalamnya.

Menariknya, di bagian ini juga ada self love quiz sederhana yang bisa dikerjakan oleh pembaca sehingga pembaca bisa mengenal sejauh mana dia mencintai dirinya sendiri.

Bagian ketiga: merawat diri

Dan di bagian terakhir, membahas tentang self care, tentang langkah praktis seperti apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi baik pada diri sendiri.

"Perjalanan" mencintai diri

Penerbit Elex Media Komputindo bersama Ibunda sebelum pemberlakuan PSBB meluncurkan buku I Hate Love Me, Sabtu (14/03/2020), di Gramedia Matraman, Jakarta.DOK. ELEX MEDIA KOMPUTINDO Penerbit Elex Media Komputindo bersama Ibunda sebelum pemberlakuan PSBB meluncurkan buku I Hate Love Me, Sabtu (14/03/2020), di Gramedia Matraman, Jakarta.

Buku "I (Hate) Love Me" tidak secara gamblang menjelaskan bagaimana step by step cara mencintai diri, tetapi justru menyuguhkan cara unik melalui alur buku mengalir dan interaktif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com