Kompas.com - 07/03/2020, 19:47 WIB
Siswa Sekolah Cikal sedang melakukan video call untuk menjelaskan salah satu karya Visual Arts and Film Exhibition International Baccalaureate Diploma Program (IBDP) kelas 11 dan 12 Sekolah Cikal Setu pada 06-08 Maret 2020, di Hadiprana Art Gallery, Kemang, Jakarta Selatan. Video call menjadi salah satu cara untuk metode pembelajaran yang dilakukan Sekolah Cikal untuk menggantikan kehadiran siswa di pameran seni lantaran isu corona.
KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOSiswa Sekolah Cikal sedang melakukan video call untuk menjelaskan salah satu karya Visual Arts and Film Exhibition International Baccalaureate Diploma Program (IBDP) kelas 11 dan 12 Sekolah Cikal Setu pada 06-08 Maret 2020, di Hadiprana Art Gallery, Kemang, Jakarta Selatan. Video call menjadi salah satu cara untuk metode pembelajaran yang dilakukan Sekolah Cikal untuk menggantikan kehadiran siswa di pameran seni lantaran isu corona.

KOMPAS.com - Sekolah Cikal memperbanyak kegiatan belajar secara daring (online learning) selama dua minggu mulai tanggal 9 Maret untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran di tengah isu penyebaran virus corona.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekolah Cikal, Ranny Kartabrata kepada Kompas.com saat Visual Arts and Film Exhibition International Baccalaureate Diploma Program (IBDP) kelas 11 dan 12 Sekolah Cikal Setu pada 06-08 Maret 2020, di Hadiprana Art Gallery, Kemang, Jakarta Selatan.

"Karena corona ada banyak kegiatan sekolah yang di-reschedjule dan disesuaikan. Untuk pembelajaran, siswa akan belajar dari rumah selama dua minggu ke depan," ujar Ranny.

Salah satunya yang menjadi penyesuaian lantaran virus corona adalah metode pembelajaran siswa sekolah Cikal di pameran seni IBDP melalui video call. Sebelum ada ramai penyebaran virus Corona di Jakarta dan Depok, siswa-siswa sekolah Cikal dijadwalkan hadir untuk melihat pameran seni.

Marketing Communication Sekolah Cikal, Nuryana Hapsari menyatakan Sekolah Cikal melakukan sejumlah hal dalam rangka antisipasi pencegahan penularan virus corona seperti mengurangi kontak kegiatan yang berhubungan dengn pihak luar dan menggantinya atau menambahkan porsi online learning melalui www.sekolah.mu.

Hal tersebut diambil untuk memungkinkan interaksi dengan orang banyak tetap terjadi dalam situasi yang kondusif tanpa perlu bepergian.

"Sebenarnya kegiatan belajar mengajar Cikal dengan blended learning dengan porsi belajar online sudah dilakukan rutin oleh Cikal dan mulai berkolaborasi dengan www.sekolah.mu sejak September tahun lalu,: ujar Nuryana dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com.

Baca juga: Lewat Pameran Seni, Sekolah Cikal Dorong Siswa Berpikir Kreatif dan Inovatif

Menurutnya, metode blended learning berfungsi sebagai pendukung proses belajar-mengajar untuk guru, murid dan orangtua.

Menurutnya, metode blended learning dan kolaborasi program antarsekolah serta dunia usaha dan industri di www.sekolah.mu sudah dilakukan dalam periode cukup panjang di Cikal.

"Jadi online learning dilakukan cikal bukan semata karena Corona virus tetapi karena penerapan personalisasi untuk menumbuhkan kompetensi," tambah Nuryana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X