Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Hobi Makan atau Kuliner? 7 Jurusan Ini Cocok untuk Kamu

KOMPAS.com - Jika punya hobi makan atau tertarik pada bidang kuliner, ada beberapa jurusan kuliah di perguruan tinggi yang cocok untuk kamu.

Seperti diketahui, jurusan kuliah di perguruan tinggi ada banyak. Kamu bisa memilih sesuai dengan bakat, minat atau bahkan kesukaanmu.

Bagi yang suka makan atau tertarik pada bidang kuliner, ternyata ada jurusan kuliah yang pas untukmu.

Dilansir dari laman Aku Pintar, Sabtu (30/9/2023) berikut jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang suka makan atau tertarik pada bidang kuliner.

1. Jurusan Manajemen Kuliner

Management Culinary adalah jurusan pas buat kamu yang ingin mengelola usaha kuliner.

Jika memilih jurusan ini, kamu diajari tentang bagaimana mendapatkan konsumen dan membuatnya menjadi pelanggan setia.

Selain bisa berbisnis di bidang kuliner, kamu juga bisa belajar tentang membuat menu baru, menciptakan menu yang sedang diminati pasar kuliner, dan lain sebagainya.

Prospek kerja setelah lulus selain berwirausaha juga bisa bekerja di restoran maupun katering hotel.

2. Jurusan Tata Boga

Pada Jurusan Tata Boga, mahasiswa belajar tentang bagaimana menjalankan bisnis katering.

Bedanya, Jurusan Tata Boga lebih fokus pada pengadaan makanan, pengetahuan dasar makanan, dan segala sesuatu tentang makanan.

Selama kuliah kamu akan banyak memasak dan mencicipi makanan. Lulusan jurusan ini banyak yang menjalankan usaha restoran sendiri, menjadi koki di hotel atau restoran, hingga menjadi manajer restoran maupun katering.

3. Jurusan Teknologi Pangan

Berbeda dengan dua jurusan sebelumnya, Jurusan Teknologi Pangan mencakup pemrosesan makanan, pengemasan makanan, pengawetan makanan, distribusi makanan, kandungan gizi, pemilihan bahan pangan, dan lain-lain.

Jurusan ini juga lebih serius dengan mengharuskan mahasiswanya menguasai Biologi dan Kimia.

Alih-alih masak-memasak, Teknologi Pangan akan membuat mahasiswanya berurusan dengan Mikrobiologi, Bioteknologi Pangan, Fermentasi Makanan, dan lain sebagainya.

Jadi, lulusan jurusan ini biasanya dibutuhkan sebagai pengendali mutu (Quality Assurance) perusahaan makanan maupun pengembang produk (Product Developer).

4. Jurusan Gizi

Mahasiswa Jurusan Gizi akan meneliti tentang kandungan gizi pada suatu makanan. Sehingga meski dengan masih bersinggungan dengan bidang kuliner, Jurusan Gizi lebih dekat dengan sains.

Mahasiswa jurusan ini banyak memperoleh manfaat dari kuliahnya karena semakin sadar akan kualitas makanannya sehari-hari.

5. Jurusan Baking and Pastry Art

Saat memilih jurusan ini, kamu belajar semua hal tentang patiseri. Seperti penggunaan alat, teknik pengolahan, teknik pembuatan, bahan-bahannya, dan masih banyak lagi.

Selain citarasa, tampilan yang indah juga menjadi perhatian utama dalam pembuatan kue, cake, dan dessert dijurusan ini.

6. Jurusan Seni Kuliner

Pada Jurusan Seni Kuliner, kamu belajar tentang teknik memasak makanan. Termasuk juga bahan-bahannya, proses pengolahannya, hingga penggunaan mesin industri, dari berbagai negara di dunia.

Kamu juga akan belajar tentang seni penyajian hidangan yang menarik mata dan menggugah selera. Lulusan Jurusan Seni Kuliner banyak yang menjadi chef di hotel maupun restoran besar

7. Jurusan Bisnis Kuliner

Ilmu seni kulliner di jurusan ini dikombinasikan dengan ilmu manajemen, menghasilkan mata kuliah Perpajakan, Akuntansi, Statistik, Manajemen Bisnis, dan berbagai mata kuliah tentang makanan.

Setelah menyelesaikan studi, kamu punya pengetahuan yang cukup untuk mengelola restoranmu sendiri.

Demikian informasi mengenai jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang suka makan atau tertarik pada bidang kuliner.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/30/092422471/punya-hobi-makan-atau-kuliner-7-jurusan-ini-cocok-untuk-kamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke