Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Sekolah Kapal Pesiar Terbaik di Indonesia, Rekomendasi Ditjen Vokasi

KOMPAS.com - Bagi yang suka jalan-jalan ke luar negeri sekaligus bekerja dan mendapatkan gaji tinggi, menjadi kru kapal pesiar bisa jadi pilihan.

Agar kamu bisa bekerja menjadi kru di kapal pesiar, kamu harus mengenyam pendidikan khusus. Kamu bisa mengambil Jurusan Perhotelan dan Kapal Pesiar.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek), Rabu (27/9/2023), berdasarkan data penerima bantuan pemerintah (banper) Kemendikbud Ristek di tahun 2021-2022, bidang perhotelan dan kapal pesiar termasuk ke dalam lima besar bidang keterampilan dengan peminat yang banyak.

Bagi siswa yang baru mencari informasi terkait sekolah kapal pesiar terbaik di Indonesia, Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek memberikan beberapa rekomendasi.

Sekolah kapal pesiar terbaik di Indonesia

Jika kamu ingin bekerja menjadi kru kapal pesiar, kamu bisa memilih lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang tepercaya dan terakreditasi agar penyaluran kerja dan ilmu yang kamu dapatkan bisa menjadi bekal.

Belajar di sebuah tempat kursus bisa menjadi pilihan karena tidak memerlukan waktu yang banyak sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin segera berkarier di dunia kapal pesiar.

Berikut 5 sekolah pesiar terbaik di Indonesia rekomendasi dari Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek.

1. NCL Madiun

Bagi siswa yang berada di Madiun, Jawa Timur, sekolah kapal pesiar NCL Madiun ini bisa jadi pilihan.

Kamu dapat mengikuti program satu tahun Sekolah Perhotelan dan Kapal Pesiar di NCL Madiun. LKP pernah mendapatkan penghargaan sekolah hotel dan kapal pesiar terbaik di tahun 2017.

Dengan alumni yang sudah mencapai lebih dari 3.000 orang, NCL Madiun berhasil menghadirkan tenaga kerja di bidang perhotelan dan kapal pesiar level internasional.

2. Neptune Cruise

Satu lagi sekolah pesiar terbaik di Indonesia yang masuk dalam daftar rekomendasi Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek. Yakni Neptune Cruise di Kediri, Jawa Timur.

Neptune Cruise mempersiapkan lulusan andal di bidang perhotelan dan kapal pesiar sejak tahun 2008.

LKP ini pun pernah meraih penghargaan sebagai LKP berprestasi nasional Kemendikbudristek RI tahun 2018.

Pembelajaran yang diterapkan di Neptune Cruise 80 persen praktik dan berstandar industri dan dunia kerja membuat LKP ini menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

Bagi kamu yang di luar Kediri dan tertarik belajar di Neptune Cruise, tak perlu khawatir, karena LKP ini menyediakan fasilitas indekos bagi peserta didik luar daerah.

3. Sangkuriang Maritim Hotel Institute (SMHI)

Rekomendasi sekolah pesiar terbaik di Indonesia dari Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek yakni Sangkuriang Maritim Hotel Institute atau SMHI.

SMHI ini merupakan LKP perhotelan dan kapal pesiar berada di Bogor, Jawa Barat. LKP ini sudah bekerja sama dengan berbagai industri kapal pesiar, salah satunya adalah Holland America Land.

Setidaknya ada 44 alumni yang sudah bekerja di kapal pesiar tersebut dengan berbagai macam profesi, mulai dari waiters, koki, housekeeping, sampai dengan kru kapal pesiar.

Secara keseluruhan sudah ada 205 alumni yang bekerja di kapal pesiar besar lainnya, sementara total aluminua mencapai 930 orang.

Bukan hanya program paket satu tahun yang berfokus pada operasional, LKP SMHI juga mempunyai program lanjutan bagi peserta didik yang tertarik belajar manajemen dan menjadi supervisor bidang hospitality.

Di program tersebut diajarkan untuk menyusun food cost, membuat menu, sampai dengan kepemimpinan.

4. Overseas Training Centre (OTC) Bali

Sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, Bali juga punya sekolah untuk belajar menjadi kru kapal pesiar.

Overseas Training Centre (OTC) Bali memiliki moto sebagai sekolah pariwisata terbaik. Melalui program pendidikan satu tahun, kamu dapat mengangsur biaya pembayaran sebanyak tiga kali di OTC Bali.

Beberapa industri kapal pesiar besar, seperti MSC Cruise Land dan Diamond Cruise Land turut menjalin kerja sama dengan OTC Bali untuk penerimaan peserta didik.

5. IDeA Indonesia Akademi

Sekolah kapal pesiar berikutnya adalah IdeA Indonesia Akademi atau dahulu dikenal dengan LKP IdeA Indonesia.

Sekolah yang berada di Lampung ini memiliki Jurusan Perhotelan dan Kapal Pesiar. Program vokasi di IdeA ini juga memiliki beberapa program unggulan.

Diantaranya program front office and back office, food beverage product (FBP), food beverage service (FBS), sampai dengan housekeeping. Dengan program tersebut, lulusannya sudah bekerja di hotel dan juga kapal pesiar. 

Demikian 5 sekolah kapal pesiar terbaik di Indonesia yang direkomendasikan Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek.

Siswa yang ingin bekerja menjadi kru kapal pesiar bisa memilih sekolah terbaik untuk mencari ilmu yang mendukungmu mewujudkan impian bekerja di kapal persiar.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/27/170500371/5-sekolah-kapal-pesiar-terbaik-di-indonesia-rekomendasi-ditjen-vokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke