Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil SMAK 1 BPK Penabur Bandung, Sekolah Terbaik di Jawa Barat

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan Top 1.000 sekolah terbaik tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Agustus 2022.

Di kawasan Jawa Barat, SMAK 1 BPK Penabur Bandung menduduki posisi pertama. Sementara di tingkat nasional, sekolah itu berada di posisi ke-9 dengan skor 630,562.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, SMAK 1 BPK Penabur Bandubg berdiri pada 1965. Sekolah ini didirikan berangkat dari sejumlah peristiwa nasional yang menimpa Indonesia, seperti gejolak politik yang dinilai memanas.

Menyadari keadaan dan situasi itu, beberapa pemuda dan pemudi Kristen dari berbagai gereja di Bandung merasa terpanggil untuk mendirikan sebuah sekolah lanjutan atas.

Hal ini dilakukan untuk menampung pemuda-pemudi usia sekolah yang tidak tertampung di sekolah-sekolah tingkat atas negeri. Dan juga bagi para lulusan sekolah asing yang tidak ingin atau tidak dapat melanjutkan sekolah di luar negeri.

Bulan Juli 1965, barulah dimulai tahun ajaran pertama dengan nama SMA Kristen Kosambi.

Hingga akhirnya pada 1976 nama SMAK BPK Kosambi diubah menjadi SMAK 1 BPK Penabur Bandung. Perubahan nama itu sampai saat ini.

Puncaknya, tahun 2001 SMAK 1 BPK Penabur Bandung resmi mendapat ijin sebagai sekolah pertama di Kota Bandung yang berhak mengadakan program aselerasi.

Sekolah ini juga meraih rata-rata Ujian Nasional (UN) tertinggi program IPA dan IPS selama 3 tahun berturut-turut sejak 2017, 2018, dan 2019.

Hingga tahun 2022, terdapat 37 siswa yang berhasil diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sementara 41 siswa berhasil diterima melalui jalur Mandiri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Visi dan misi SMAK 1 Penabur Bandung

Layaknya sekolah pada umumnya, tentu SMAK 1 BPK Penabur Bandung memiliki visi dan misi.

Dalam jangka panjang, sekolah ingin menjadi lembaga pendidikan yang unggul melalui pembinaan mental spiritual berbasis nilai-nilai Kristiani, penguasaan IPTEK, dan pengembangan entrepreneurship untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, berkarakter, serta mampu bersaing secara global.

Sementara itu, misi sekolah dideskripsikan menjadi 5 poin.

Program unggulan SMAK 1 Penabur Bandung

SMAK 1 BPK Penabur Bandung memiliki slogan BEDA yang merupakan singkatan dari Brilliant, Excellent in Education, Dare to Innovate, and Awesome Attitude.

Melalui slogan ini, terdapat harapan agar lulusan sekolah menjadi seseorang yang tidak hanya cerdas tetapi juga berkarakter.

Maka, sekolah berkomitmen terhadap proses pendidikan dan pembelajaran terbaik melalui beberapa program unggulan sekolah seperti:

1. Classical

Program ini membekali siswa dengan kompetensi abad 21 yakni berpikir kritis, berkreatif, berkomunikasi, berkolaborasi, dan menguasai teknologi.

2. Life Skills Programme (LSP)

Menjadi salah satu program yang diminati siswa, LSP menyediakan pengalaman belajar berbasis minat.

Sekolah bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi hingga komunitas dan dibimbing oleh para akademisi serta praktisi di bidangnya. Dengan kata lain, LSP merupakan program yang dapat mendorong siswa mempersiapkan dirinya ketika akan memilih dan memasuki jurusan-jurusan perkuliahan.

Siswa akan belajar keterampilan dasar (kelas X), keterampilan lanjutan (kelas XI), dan project work (kelas XII) yang merupakan proyek kolaborasi dari berbagai LSP yang telah dipelajari.

Mata pelajaran yang dapat dipilih dan dipelajari siswa ialah:

3. Bilingual

Sebuah program dengan kurikulum nasional yang menggunakan dua bahasa pengantar, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Program ini bertujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk beradaptasi dan bersaing secara global.

Salah satu yang dilakukan ialah pembelajaran hybrid dengan berbagai lembaga pendidikan dalam dan luar negri, khususnya untuk membahas isu-isu global. Bahkan, siswa mendapatkan sertifikat dari Cambridge Assesment English melalui program ini.

4. Dual Certificate Programme (DCP)

DCP memiliki dua kurikulum yang terintegrasi, yaitu nasional dan Cambridge. Melalui program ini, siswa akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang topik-topik yang dipelajari sehingga kemampuan berpikir kritis dapat semakin terbentuk.

Siswa juga akan mendapatkan dua sertifikat saat kelulusan yakni kelulusan nasional dan Cambridge Assesment International Education.

Fasilitas SMAK 1 BPK Penabur Bandung

SMAK 1 BPK Penabur Bandung turut menyediakan banyak fasilitas untuk mendukung proses pembelajaran siswa-siswanya yang terdiri dari:

Jika kamu tertarik dengan SMAK 1 BPK Penabur Bandung, maka kamu bisa melihat informasi secara lengkapnya di situs ini. Bisa juga melihatnya dari laman Instagram @smak1penaburbdg.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/07/160000171/profil-smak-1-bpk-penabur-bandung-sekolah-terbaik-di-jawa-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke