Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Masuk PTN Impian? Berikut 4 Tips Lolos SNMPTN bagi Siswa SMK

KOMPAS.com - Menginjak kelas 12, beberapa siswa sekolah kejuruan (SMK) biasanya sudah memikirkan ingin ke mana pascalulus nanti.

Meski dicetak sebagai sumber daya manusia (SDM) siap kerja, tak jarang dari siswa mereka memilih untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN).

Dilansir dari laman ltmpt.ac.id atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi, salah satunya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Tak ayal, siswa SMK yang ingin masuk PTN favorit harus rela menghabiskan waktu untuk belajar agar bisa mengikuti SNMPTN.

SNMPTN merupakan seleksi tanpa tes. Selain melihat nilai rapor dan prestasi siswa, asal sekolah siswa akan menjadi salah satu pertimbangan dalam seleksi ini.

Dalam Indikator penilaian SNMPTN, dijelaskan bahwa SNMPTN juga akan mempertimbangkan jumlah alumni yang berkuliah di PTN bersangkutan.

Sayangnya, siswa SMK yang akan diterima jalur SNMPTN relatif lebih kecil dibanding siswa sekolah menengah atas (SMA). Ini karena pendidikan sarjana secara general dipersiapkan untuk siswa SMA dan jumlah SMK yang lebih sedikit dibandingkan SMA umum.

Meski begitu, siswa SMK jangan berkecil hati. Sebab, siswa SMK tetap memiliki peluang masuk perguruan tinggi lewat SNMPTN dengan mengikuti berbagai strategi.

Ingin tahu apa saja? Berikut empat strategi khusus masuk perguruan tinggi lewat SNMPTN bagi para siswa SMK seperti yang dilansir dari Ruangguru.com.

1. Pilih jurusan sesuai rumpun

Dengan mendaftar sesuai dengan rumpun pendidikan, maka peluang untuk diterima relatif lebih besar ketimbang mereka yang mendaftar dari rumpun pendidikan berbeda.

Jika ingin mengambil jurusan di luar rumpun pun tak masalah. Pelajar masih tetap memiliki peluang meski presentase diterima relatif lebih kecil.

2. Cek persebaran alumni SMK di PTN

Salah satu penilaian SNMPTN adalah dari mana asal sekolah pelajar tersebut. Apabila di suatu PTN banyak alumni dari SMK kamu berasal, berarti peluangmu untuk diterima di perguruan tinggi tersebut relatif lebih tinggi.

3. Ketahui peluang SMK di tiap PTN

Apabila alumni SMK tempat kamu tidak ada yang diterima melalui SNMPTN atau SBMPTN, salah satu cara memaksimalkan peluang adalah mengetahui tingkat penerimaan SMK di suatu PTN.

Untuk diketahui, setiap PTN mempunyai penilaian masing-masing terhadap siswa yang berasal dari suatu SMK.

4. Prestasi jadi nilai tambah

Apabila kamu memiliki prestasi lomba atau kejuaraan, baik akademis maupun nonakademis, maka itu akan menjadi nilai tambah. Prestasi tambahan di luar nilai rapor akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi PTN dalam menilai siswa SMK.

Dengan mengombinasikan sejumlah tips di atas, peluangmu diterima di PTN pilihan bisa naik berkali-kali lipat.

Jika ingin memaksimalkan peluang tersebut, cobalah bergabung dengan Ruangbelajar SMK. Di sini, kamu dapat belajar sesuai kebutuhan dan keinginan.

Ruangbelajar adalah platform bimbel online mandiri yang dilengkapi dengan video belajar full animasi, latihan soal, pembahasan, serta rangkuman materi pelajaran. Ini semua dapat diakses kapan dan di mana pun secara fleksibel.

Platform Ruangbelajar memuat lebih dari 26.500 video belajar beranimasi mencakup video konsep dan juga video pembahasan soal yang dijelaskan oleh master teacher atau tutor kompeten.

Video pembelajaran di Ruangbelajar menerapkan metode problem-based learning. Metode ini menekankan pembelajaran pada penerapan solusi dari berbagai masalah. Utamanya yang terjadi di kehidupan sehari-hari, sehingga lebih mudah dipahami siswa.

Untuk memudahkan siswa, Ruangbelajar menyediakan transkrip dan subtitle video. Fitur ini menunjukkan kalimat atau kata kunci yang disampaikan master teacher dengan lebih jelas serta membantu user untuk meng-highlight bagian-bagian penting yang disampaikan dalam video.

Ruangbelajar juga menyediakan rangkuman dalam tampilan infografis dan full-color. Tersedia dalam semua mata pelajaran dan semua topik yang memudahkan siswa untuk mendapatkan rangkuman dari hasil belajarnya tanpa perlu mencatat secara manual. Rangkuman ini bisa diunduh dan masuk ke galeri foto.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/02/03/145500471/ingin-masuk-ptn-impian-berikut-4-tips-lolos-snmptn-bagi-siswa-smk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke