Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikut "Malaysian Piano Competition", Mahasiswa Unesa Sabet Silver Prize

KOMPAS.com - Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) belum lama ini berhasil menorehkan prestasi di kompetisi musik tingkat internasional.

Dia adalah Sodo Lanang, mahasiswa Prodi S1 Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Unesa. Ia berhasil mendapatkan Silver Prize setelah membawakan Frederic Chopin-Fantaisie Impromptu (op.66 in C# minor) dalam "Malaysian Piano Competition 2021".

Adapun kompetisi tahunan tersebut diselenggarakan Euroasia Association of Performing Arts berbasis live performance yang berlangsung sejak 1 April 2021 hingga 31 Juli 2021 dan hasilnya diumumkan pada 15 September lalu.

Menurut Sodo Lanang, untuk sampai ke tahap itu tidak mudah. Selama masa persiapan, ia mengalami beberapa kendala pada sesi latihan yang dilakukan secara daring.

"Karena coachingnya daring, jadi sulit dapat feefback buat benerin part-part yang belum sempurna," ujarnya seperti dikutip dari laman Unesa, Sabtu (30/10/2021).

Meski demikian, dia tak pantang menyerah. Dia tetap menikmati proses latihan hingga penampilannya terus meningkat. Tentu karena dosen pembimbingnya Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro, S.Pd., M.Pd.

Dia mengatakan, saat kompetisi pesaing terberatnya adalah peserta dari Malaysia dan Singapura.

Itu tentu beralasan, sebab, peserta dari dua negara itu telah menyabet banyak penghargaan dalam kompetisi yang sama sebelumnya.

Berhasil karena persiapan matang

Namun, berkat ketekunan dan keyakinan serta semangat, ia berhasil mendapatkan Silver Prize dalam kategori peserta 18 tahun ke atas.

Dijelaskan, kunci agar bisa bersaing di kompetisi tersebut yaitu terletak pada persiapan. Jika latihan sudah dilakukan dengan maksimal, tentu hasilnya juga bisa memuaskan.

Persiapan setidaknya butuh waktu satu tahun. Hasil tidak akan menghianati proses latihan. Tak kalah penting ialah perlu ketekunan dalam latihan serta keyakinan.

"Semoga ini membuat saya semakin termotivasi dalam meningkatkan kompetensi saya dalam bidang ini," harapnya.

"Serta bisa menjadi inspirasi atau motivasi bagi peserta atau mahasiswa yang lainnya dalam mengukir prestasi di kompetisi nasional maupun internasional," tandasnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/31/124108871/ikut-malaysian-piano-competition-mahasiswa-unesa-sabet-silver-prize

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke