Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Kuliah di Korea Selatan? Ada 10 Beasiswa yang Bisa Kamu Ikuti

KOMPAS.com - Tak hanya unggul lewat Drama Korea atau Kpop, Korea Selatan juga memiliki sistem pendidikan terbaik di kawasan Asia, bahkan Seoul National University menempati peringkat 36 sebagai universitas terbaik dunia versi QS WUR 2022.

Menariknya, setiap tahun pemerintah Korea Selatan, pemerintah Indonesia, dan sejumlah lembaga beasiswa membuka peluang beasiswa bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia, untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Negeri Ginseng.

Merangkum laman Quipper Campus, Minggu (22/8/2021), secara umum ada beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu coba untuk bisa kuliah di Korea Selatan.

Selain dari pemerintah, kamu juga bisa mendaftar beasiswa langsung ke universitas di Korea yang menyediakan beasiswa. Beberapa beasiswa yang bisa membantu meringankan biaya kuliah di Korea.

Dengan mengetahui ragam beasiswa, kamu bisa mulai mencari tanggal pendaftaran untuk kuliah di tahun 2022-2023 sekaligus mempersiapkan diri dan syarat dokumen dari sekarang.

1. Korean Goverment Scholarship Program (KGSP)

Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah beasiswa penuh dari pemerintah Korea Selatan untuk para pelajar internasional.

Kabar baiknya, KGSP ini menyediakan beasiswa mulai jenjang associate degree (D2), S1, S2, dan S3.

Beasiswa antara lain mencakup biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, tunjangan penelitian, biaya pelatihan bahasa Korea, dan asuransi kesehatan.

2. The Korea International Cooperation Agency (KOICA) Scholarship Program

Korea International Cooperation Agency (KOICA) memberikan beasiswa bagi pegawai pemerintah dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Beasiswa ditujukan bagi mereka yang ingin melakukan studi pascasarjana di Korea untuk bidang-bidang yang berkaitan dengan pembangunan.

Lulusannya diharapkan dapat berkontribusi pada pembangunan sosial ekonomi di negara asalnya. Beasiswa dari KOICA mencakup biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, akomodasi, asuransi kesehatan.

3. Korea Green Promotion Agency (KGPA) Scholarship Program

Jika kamu adalah pecinta lingkungan dan tertarik belajar tentang kehutanan, Korea Green Promotion Agency (KGPA) Scholarship Program ini bisa kamu coba.

Beasiswa KGPA ditujukan bagi mereka yang ingin mendalami subjek terkait kehutanan pada jenjang master di universitas yang terdapat di Korea Selatan.

Beasiswa KGPA menyasar pelajar dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

4. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai pemerintah Indonesia lewat Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). LPDP memberikan beasiswa untuk studi program magister atau doktoral di dalam dan luar negeri.

Beberapa perguruan Tinggi Korea Selatan yang menjadi mitra BPI-LPDP meliputi Pohang University of Science and Technology, Seoul National University, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Sungkyunkwan University, Yonsei University, Korea University, Kyung Hee University, dan Ewha Womans University.

5. Beasiswa Korea University

Korea University berdiri sejak 1905 dan terkenal kiprahnya dalam mengembangkan program pendidikan internasional. Kampus ini merupakan salah satu yang terbaik dan tertua di Korea Selatan.

Terdapat tawaran beasiswa untuk pelajar internasional, yakni beasiswa penuh selama 8 semester dan beasiswa yang menunjang 50 persen biaya kuliah selama 8 semester.

6. Beasiswa Seoul National University (SNU)

Universitas di Korea lainnya yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing adalah Seoul National University (SNU). Pemberian beasiswa ini antara lain bertujuan menggenjot peringkat dan kualitas kampus di level global.

Beasiswa yang ditawarkan termasuk SNU Global Scholarship dan SNU Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS).

SNU Global Scholarship tersedia untuk 60 mahasiswa pascasarjana asing untuk setiap semesternya. Beasiswa ini ada yang menanggung biaya kuliah tanpa uang saku, ada pula yang hanya menanggung uang saku tidak termasuk biaya kuliah.

Beasiswa yang lebih luas cakupannya ditawarkan melalui SNU Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS). Melalui beasiswa tersebut, biaya kuliah ditanggung penuh hingga lulus selama mahasiswa memenuhi syarat. Tidak hanya biaya kuliah, beasiswa GSFS juga memberikan uang saku.

7. Ewha Womans University

Ewha Womans University memiliki program beasiswa penuh atau sebagian untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Beasiswa yang ditawarkan antara lain International Students Scholarship.

International Students Scholarship ditujukan untuk mahasiswa S1, S2, maupun S3. Program ini terdiri dari beberapa jenis yaitu beasiswa berupa biaya kuliah selama 4 tahun, beasiswa berupa biaya kuliah selama 2 tahun, beasiswa berupa biaya kuliah selama 1 tahun, dan program beasiswa berupa potongan biaya kuliah selama 1 semester.

8. Yonsei University

Yonsei University, Underwood International College (UIC), adalah kampus berbasis liberal arts bergaya Amerika yang dipadukan dengan sumber daya Korea. Kampus ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

UIC berdiri pada tahun 2006 dan kini menawarkan 16 jurusan dari 3 fields berbeda. UIC memberikan beasiswa penuh secara otomatis bagi mahasiswa internasional yang diterima di kampus tersebut. Syaratnya, penerima harus mempertahankan IPK agar beasiswanya tetap berlanjut.

9. Beasiswa Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) berdiri sebagai universitas riset pertama di Korea. Keberhasilan riset-riset di KAIST ditopang dana dari pemerintah Korea serta perusahaan seperti Samsung.

KAIST memiliki program KAIST International Students Scholarship untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Beasiswa yang diberikan lewat program ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan tunjangan tambahan untuk penelitian.

10. Beasiswa Korea National University of Arts (K’ARTS)

Buat kamu yang berjiwa seni, Korea National University of Arts (K’ARTS) bisa jadi pilihan yang cocok untukmu.

Kamu bisa memperoleh beasiswa penuh lewat program Art Major Asian (AMA) Scholarship bagi pelamar internasional (termasuk Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1 atau S2.

Selain biaya kuliah, beasiswa juga mencakup tiket pesawat, tunjangan bulanan, pelatihan bahasa Korea, dan asuransi kesehatan.

Pilihan program studinya termasuk Acting, Directing, Stage Design, Theatre Studies, Film Making, Broadcasting, Multimedia, Animation, Vocal Music, Instrumental Music, Composition, Conduction, Choreography, Dance Theory, Fine Arts, Cinema Studies, Dance Performance, Design, Art Theory, Architecture, dan masih banyak lagi.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/22/103453671/ingin-kuliah-di-korea-selatan-ada-10-beasiswa-yang-bisa-kamu-ikuti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke