Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Universitas Negeri Surabaya Buka 10 Jalur Mandiri 2021

KOMPAS.com - Ada 10 jalur masuk di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk seleksi jalur mandiri di Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk program Sarjana dan Vokasi tahun akademik 2021/2022.

Ada 7 fakultas dan 64 prodi sarjana (S-1) serta 10 program sarjana terapan yang bisa peserta pilih di Unesa. Sementara jalur masuk yang disiapkan Unesa tahun ini, ada 10 jalur masuk yang bisa dimanfaatkan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof, Bambang Yulianto, menjelaskan, jalur SPMB Unesa secara umum ada dua yakni jalur nontes dan jalur tes.

Untuk jalur nontes, calon mahasiswa bisa mendaftar melalui jalur UTBK nasional, prestasi keagamaan, prestasi olahraga, prestasi seni, kepemimpinan, dan disabilitas. Selain itu juga ada jalur beasiswa luar negeri (LN) dan kerja sama Pemkot/Kab/Prov.

Sementara itu, untuk jalur tes yakni ada jalur tes masuk Unesa berbasis komputer (TMUBK) dan jalur D4/sarjana terapan. Melansir dari laman unesa.ac.id, ini 10 jalur masuk yang bisa dipilih:

Jalur nontes UTBK

Bagi peserta yang telah mengikuti dan memperoleh nilai UTBK tahun 2021, tetapi belum diterima di jalur SBMPTN, bisa mendaftar jalur ini menggunakan nilai UTBK. Adapun syaratnya:

Jalur prestasi keagamaan

Unesa juga memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik dan berprestasi dalam bidang keagamaan lewat jalur prestasi keagamaan. Adapun prestasi keagamaan yang dimaksud yaitu:

  • Jalur pesantren
  • Jalur tahfidz
  • Jalur MTQ
  • Prestasi Keagamaan Kristen, Katholik, Hindu, Budha, atau Konghucu yang diberikan untuk peserta yang memiliki prestasi bidang keagamaannya masing-masing yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan rekomendasi dari organisasi keagamaan

Jalur prestasi olahraga

Calon mahasiswa yang memiliki prestasi bidang olahraga baik juara 1, 2 atau 3 di tingkat kabupaten/kota/provinsi/nasional/internasional bisa mencoba di jalur prestasi olahraga. Jalur ini dibagi dua kategori, yakni ada yang bebas memilih prodi dan khusus prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO).

Jalur prestasi seni

Tidak ketinggalan, putra-putri terbaik dan berprestasi atau juara 1, 2 dan 3 di bidang seni tingkat provinsi/nasional/internasional pun disiapkan jalur khusus oleh Unesa lewat jalur ini.

Jalur prestasi kepemimpinan

Bagi lulusan SMA/SMK/MA/paket C atau sederajat dan memiliki surat keputusan atau sertifikat OSIS sebagai ketua/wakil/sekretaris dari kepala sekolah yang diperkuat dengan surat atau sertifikat kepemimpinan lain, bisa mencoba jalur yang satu ini.

Jalur disabilitas

Komitmen Unesa sebagai kampus ramah disabilitas terus dibuktikan secara konsisten lewat pembukaan jalur khusus ini. “Jalur ini kita siapkan khusus untuk peserta disabilitas yang hendak bergabung dengan Unesa dan akan diupayakan mendapat beasiswa”, tegas Bambang.

Jalur D4/sarjana terapan

Untuk peminat 10 program Sarjana Terapan di Unesa bisa menggunakan jalur yang satu ini. Adapun syaratnya sama seperti persyaratan jalur lainnya. “Cuman nanti memang setelah daftar ada ujian tes masuk yang disiapkan Unesa sendiri,” tutur Bambang.

Jalur kerja sama dengan Pemkot/Kab/Prov

Untuk Jalur kerja sama yakni ditujukan untuk para calon mahasiswa yang berasal dari Pemkot dan Kabupaten atau Provinsi yang sudah menandatangani MoU dengan Unesa.

Jalur beasiswa luar negeri

Sementara untuk jalur beasiswa Luar Negeri (LN) yakni dikhususkan bagi peserta atau calon mahasiswa yang berasal dari negara yang sudah meneken MoU dengan Unesa dalam berbagai program. Calon mahasiswa mendapat beasiswa bebas UKT dan biaya asrama.

Selain jalur nontes di atas, calon mahasiswa juga bisa mendaftar dan mengikuti jalur Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK). Materi tesnya yakni Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA), Psikotest, dan Saintek atau Soshum.

Jadwal Pendaftaran SPMB

Kuota jalur mandiri Unesa tahun ini yakni 30 persen dari total daya tampung. Berikut rincian jadwalnya:

  • Pendaftaran jalur Nontes UTBK dibuka mulai 14-18 Juni 2021
  • Pendaftaran jalur prestasi dibuka mulai 14-25 Juni 2021
  • Pendaftaran jalur Disabilitas, TMUBK, dan jalur kerja sama dibuka mulai 21 Juni-6 Juli 2021.
  • Selain itu, untuk jalur sarjana terapan gelombang pertama dibuka 21 Juni-6 Juli 2021 dan gelombang kedua dibuka 21-27 Juli 2021.

Untuk syarat dan ketentuan serta penjelasan lebih lanjut bisa diakses di media sosial OFFICIAL UNESA atau www.admisi.unesa.ac.id. “Bagi calon mahasiswa bisa menggunakan jalur-jalur tersebut. Paling penting dari sekarang mulai siapkan diri dan segala dokumen yang disyaratkan,” pungkas Prof Bambang.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/05/12/121000671/universitas-negeri-surabaya-buka-10-jalur-mandiri-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke