Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur "Foto Soal", Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang telah berlangsung selama hampir 11 bulan kerap memberi tantangan bagi sebagian siswa. Salah satu mata pelajar yang menantang untuk dipelajari secara online ialah matematika.

Mengerjakan beragam jenis soal matematika tak jarang membuat siswa butuh bantuan untuk dapat memahami rumus dan akhirnya memecahkan soal tersebut.

Menyadari bahwa kehadiran "tutor" dapat membuat sesi belajar matematika menjadi lebih mudah, platform edukasi Zenius Education belum lama meluncurkan fitur di platform aplikasi mobile, yaitu ZenBot.

"Kadang bingung mau nanya ke siapa waktu lagi belajar sendiri. Eits! Sekarang cari tahu pembahasan soal-soal matematika udah lebih gampang dengan fitur Foto Soal di aplikasi Zenius, lho! Cobain lewat aplikasi Zenius di HP kamu ya," tulis akun Instagram Zenius Education.

Selain pembahasan soal-soal, ZenBot atau fitur "Foto Soal" memungkinkan siswa untuk mendapatkan rekomendasi video dan pertanyaan latihan sesuai dengan gambar yang diambil melalui kamera di smartphone.

"Kami memahami siswa sudah cukup disibukkan dengan tugas sehari-hari dan persiapan mereka dalam menghadapi UTBK. Dengan fitur ini kami berharap bisa mempermudah mereka dalam mencari video atau penjelasan dari sebuah soal. Hal ini akan menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik dan lebih mendalam sehingga akan membantu siswa dalam meningkatkan kemampuannya," papar CEO Zenius Rohan Monga dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (17/2/2021).

Yuk, ikut try out UTBK-SBMPTN 2021 gratis

Selain menyediakan video pembelajaran yang dapat diakses gratis, dalam waktu dekat Zenius juga akan menggelar Grand Try Out (GTO) yang dibuka gratis untuk seluruh siswa K12 atau sederajat, baik untuk pengguna maupun non-pengguna.

Melalui GTO, siswa diajak untuk lebih memahami soal-soal dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Secara umum, jelas Monga, UTBK menguji keterampilan kognitif, penalaran kuantitatif, dan keterampilan berpikir kritis siswa.

"Artinya, pemahaman konseptual yang mendalam akan memainkan peran yang lebih besar dalam menentukan keberhasilan siswa daripada hafalan. Oleh sebab itu, dari awal berdiri, Zenius lebih menitikberatkan pada pemahaman konseptual dan pemikiran kritis dari siswa," imbuh dia.

GTO ini akan berlangsung selama 4 kali dalam satu bulan di setiap Sabtu. Disela penyelenggaraan try out tersebut, Zenius juga akan memberikan video-video pembahasan soal dan live class untuk membantu siswa untuk memahami soal-soal yang ada di GTO.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/18/131618571/fitur-foto-soal-bantu-siswa-pecahkan-soal-matematika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke