Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER EDUKASI] Nadiem Makarim: Ada 4 Penentu Siswa Bisa Naik Kelas | Kuota Gratis Kemendikbud Berlanjut dengan Kuota Berbeda | Syarat Kelulusan Pengganti UN 2021

KOMPAS.com - SE Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim Nomor 1 Tahun 2021 menjadi berita paling populer di kanal edukasi di pertengahan Februari 2021.

SE Mendikbud yang terbit pada 1 Februari 2021 berisi tentang peniadaan ujian nasional (UN) dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah pada masa pandemi Covid-19.

Selain SE Mendikbud, berita terkait kuota gratis Kemendikbud yang akan dilanjutkan kembali di Maret-Mei 2021 juga masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Alhasil artikel itu menjadi populer kedua di edukasi Kompas.com.

Masih banyaknya yang membaca berita SE Mendikbud, hal itu membuat berita syarat kelulusan pengganti UN jadi artikel populer yang ketiga.

Berikut beberapa berita populer edukasi sepanjang Senin hingga Kamis (8-11/2/2021):

Mendikbud Nadiem Makarim menyebutkan, ada empat penentu siswa bisa naik kelas dalam ujian akhir semester (UAS) sekolah.

Pertama, portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, misalnya penghargaan dan hasil perlombaan.

"Kedua, penugasan. Ketiga, tes secara luring atau daring," kata Nadiem dalam SE Mendikbud, melansir laman Kemendikbud, Jumat (5/2/2021).

Keempat, bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh sekolah.

Untuk berita lengkap terkait 4 penentu siswa naik kelas pada 2021 dari tautan ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbdud) memastikan program kuota gratis internet akan dilanjutkan.

Namun, ukuran kuota gratis akan diubah dari porsi yang sebelumnya.

"Iya akan dilanjutkan, tapi kita masih merumuskan skema baru agar lebih baik. Namun ukuran (kuota) yang akan kita ubah," ucap Sekjen Kemendikbud Ainun Naim kepada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Jikalau target penerima kuota, sambung Ainun, masih akan tetap sama seperti pemberian di periode September-Desember 2020.

Terkait berita lengkap Kemendikbud lanjutkan kembali kuota gratis dengan ukuran berbeda, bisa lihat dari sini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19.

"Berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, maka perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan," papar Nadiem dalam SE tersebut, Senin (1/2/2021).

Sehubungan dengan hal tersebut, Kemendikbud menyampaikan 8 poin utama, yang beberapa di antaranya berisi tentang penentu kelulusan siswa di tahun 2021 sebagai pengganti Ujian Nasional.

Berita lengkap terkait syarat kelulusan pengganti ujian nasional 2021, bisa dibaca di sini bisa dilihat di link ini.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/11/203937171/populer-edukasi-nadiem-makarim-ada-4-penentu-siswa-bisa-naik-kelas-kuota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke