Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa ITS Rancang Jembatan Ramah Biaya, Ini Desainnya

KOMPAS.com - Tiga mahasiswa asal Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil merancang desain jembatan yang baik dengan aplikasi SAP2000.

Tak hanya itu, desain jembatan ini memiliki kekuatan yang baik sehingga mampu menanggung beban dinamis yang tinggi. Tentunya, desain jembatan ini juga ramah biaya pengeluaran.

Ketiga mahasiswa itu ialah Arsyad susanto, M Fikri Nadhif, dan Florian Dewantara. Menurut Arsyad, desain jembatan yang dibuat tidak jauh berbeda dengan desain jembatan pada umumnya.

Batang diagonal lebih panjang

Hanya saja, terdapat penggunaan batang diagonal yang cukup berbeda. "Kami menggunakan batang diagonal yang lebih panjang sehingga dapat memangkas biaya untuk bahan yang dibutuhkan," ujarnya seperti dikutip dari laman ITS, Jumat (6/11/2020).

Adapun desain jembatan yang dibuat berbentuk warren truss. Tipe jembatan ini memiliki rangka utama yang berbentuk trapesium dari serangkaian segitiga.

Untuk dimensi dari desain jembatan ini adalah 60 x 8,5 x 5 meter dengan rangka mutu baja BJ 55. "Untuk bahannya, kami memilih baja WF yang merupakan material dengan kekuatan tinggi sepanjang 60 meter," tuturnya.

Karena desain yang lebih sederhana, maka dampaknya ada pada efisiensi biaya. Mereka tentu memikirkan aspek utama yakni aspek fungsionalitas dari sebuah jembatan itu sendiri.

Mereka bersyukur, karena desain tersebut tidak lepas dari DS Champion ITS, yakni merupakan tim kawal lomba di Kampus ITS Manyar.

Berhasil juara pertama

Desain jembatan itu kemudian diikutkan pada "Bridge Design Competition Civil Cup 2020" yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ), beberapa hari lalu.

Melalui inovasi perancangan desain jembatan yang apik, tim CT-Balangmara ITS tersebut berhasil meraih juara pertama.

Mereka berharap bisa terus membanggakan Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS dan membawa nama baik ITS melalui prestasi lainnya.

Selain itu, mereka juga ingin agar rekan mahasiswa lainnya memiliki kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan ide-ide kreatifnya.

“Khsusunya pada perlombaan tingkat nasional yaitu Kompetisi Jembatan Indonesia dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KJI-KBGI)," harapnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/10/075351171/mahasiswa-its-rancang-jembatan-ramah-biaya-ini-desainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke