Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Membuang Makanan, Hindari 5 Kesalahan Menyimpan Makanan

Kompas.com - 08/05/2022, 20:43 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Anda mungkin terbiasa menyimpan makanan dengan memanaskan makanan yang matang agar tak ada yang terbuang.

Namun ada hal penting yang harus diketahui dalam memanaskan makanan.

Pada praktiknya, memanaskan makanan harus dapat membunuh bakteri yang berpotensi berbahaya dalam makanan yang sudah dimasak maupun didinginkan.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (4/5/2022), ada lima kesalahan besar yang harus Anda hindari saat memanaskan makanan yang tersisa.

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Daging di Kulkas dan Freezer

1. Membiarkan makanan pada suhu kamar lebih dari dua jam

Jangan biarkan makanan yang mudah rusak, termasuk makanan yang dimasak atau sisa makanan, disimpan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam.

Selain itu, setelah memasak apa pun, pastikan untuk menjaga hidangan pada suhu 60 derajat celcius atau lebih hangat sampai atau saat disajikan.

Menurut Layanan Keamanan dan Inspeksi Makanan Departemen Pertanian AS (USDA), "zona bahaya" antara 4 derajat celcius dan 60 derajat celcius adalah tempat bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit bawaan makanan dapat tumbuh.

“Buang semua makanan yang mudah rusak yang telah dibiarkan dalam suhu kamar selama lebih dari dua jam (satu jam jika suhunya lebih dari 32 derajat celcius seperti pada piknik di luar ruangan selama musim panas),” kata USDA pada laman resminya.

Baca juga: Berapa Suhu yang Tepat untuk Menyimpan Makanan dan Minuman di Kulkas?

Selain itu, ingatlah untuk mendinginkan sisa makanan secepat mungkin dan coba turunkan suhunya secepat mungkin agar tidak tertinggal di zona bahaya suhu.

Wadah dangkal dapat membantu mencapai hal ini, seperti halnya memotong makanan yang lebih besar menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Misalnya, Anda mungkin harus membagi sup atau rebusan dalam jumlah besar ke dalam wadah yang lebih kecil untuk pendinginan yang lebih cepat.

Hal yang sama berlaku untuk daging panggang utuh, potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

Untuk mempercepat pendinginan, Anda juga dapat mencoba menempatkan wadah kedap udara di dalam bak es atau air dingin sebelum Anda mendinginkannya.

Baca juga: Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Lebih Tahan Lama

2. Menyimpan makanan lebih dari 5 hari

USDA merekomendasikan untuk menggunakan sisa makanan yang didinginkan dalam tiga hingga lima hari atau membekukannya hingga empat bulan.

Hidung Anda yang paling tahu, jadi pastikan untuk membuang makanan apa pun yang tidak berbau, berwarna, atau berubah tekstur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com