Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Einstein, Ini 10 Orang dengan IQ Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 23/04/2022, 08:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Albert Einstein dikenal sebagai sosok jenius. Penemu teori relativitas ini bahkan dianggap sebagai salah satu manusia tercerdas yang pernah lahir di dunia.

Meski begitu, jika dilihat dari skor Intelligent Quotient (IQ), Einstein bukanlah yang tertinggi. Ia bahkan tidak termasuk dalam 10 orang dengan IQ tertinggi di dunia.

Meski bukan satu-satunya indikator kecerdasan, IQ dinilai dapat memberitahu kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar.

Skor IQ dari Albert Einstein adalah 160-190. Kalau bukan Einstein, lalu siapa pemilik IQ tertinggi di dunia? Berikut adalah daftarnya.

Baca juga: 10 Orang IQ Tertinggi di Dunia, Einstein dan BJ Habibie Nomor Berapa?

10 orang dengan skor IQ tertinggi di dunia

Berikut ini adalah 10 orang dengan IQ tertinggi yang dilansir dari Science ABS:

1. Ainan Celeste Cawley

Urutan pertama orang dengan IQ tertinggi di dunia adalah Ainan Celeste Cawley, seorang pemuda kelahiran 1999. Skor IQ Ainan mencapai 263.

Di usia 7 tahun, Ainan menjadi orang termuda di dunia yang lulus tingkat Kimia-O. Kemudian di usia 8, ia sudah mengambil kuliah jurusan kimia di Singapore Polytechnic.

2. William James Sidis

Berikutnya ada William James Sidis, dengan skor IQ 250-300. Lahir di New York, AS, 1899, Sidis tumbuh besar di lingkungan keluarga intelektual.

Kecerdasannya sudah terlihat sejak kecil ketika di usia 5 tahun ia sudah mengoperasikan mesin tik dan belajar bahasa Latin, Yunani, Rusia, Perancis, Jerman, dan Ibrani.

Kemudian di usia 11 tahun, Sidis memberikan kuliah pertamanya tentang fisika 4 dimensi. Sidis wafat di usia 46 tahun akibat menderita stroke. Ia meninggal dalam keadaan kekurangan uang.

Ainan Cawley Ainan Cawley

3. Terence Tao

Terence Tao memiliki skor IQ 225-230 yang menjadikannya berada di urutan ketiga orang dengan IQ tertinggi di dunia.

Lahir dari keluarga Tionghoa pada 1975, Tao memiliki kemampuan luar biasa di bidang matematika. Pada usia 20 tahun Tao memperoleh gelar doktor dan menerima Fields Medal (setara dengan Nobel dalam matematika) pada 2006.

Tao tinggal tinggal di Los Angeles bersama istri dan anak-anaknya dan berfokus pada persamaan diferensial parsial, kombinatorik aljabar, analisis harmonik, dan teori bilangan analitik.

Baca juga: Selain IQ, Ini 6 Tanda Kecerdasan Menurut Sains

4. Marilyn Vos Savant

Perempuan kelahiran Missouri, AS 1946, ini memiliki skor IQ 228. Sampai tahun 1989, ia tercatat oleh Guinness World Records sebagai orang dengan IQ tertinggi.

Semasa remaja, Marilyn Vos Savant bekerja di toko ayahnya dan menulis artikel untuk surat kabar lokal dengan nama samaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com