Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat 6 Masjid Bersejarah di Pulau Jawa, Saksi Perkembangan Islam di Nusantara

Kompas.com - 09/04/2022, 04:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Menurut catatan sejarah, agama Islam masuk ke wilayah Nusantara sudah sejak ratusan tahun yang lalu. 

Di Pulau Jawa, beberapa masjid yang menjadi saksi perkembangan agama Islam di Nusantara masih berdiri kokoh hingga kini.

Selain masih difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid-masjid bersejarah ini juga menjadi destinasi wisata yang cukup populer. Tidak sedikit wisatawan yang datang, baik itu untuk sekadar berwisata maupun berziarah.

Baca juga: 6 Masjid Bersejarah di Jawa, Ada yang Berdiri sejak Abad Ke-15 Masehi

Berikut ini adalah 6 masjid bersejarah di Jawa yang dirangkum oleh Kompas.com.

Masjid bersejarah di Jawa

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak.Kemdikbud Masjid Agung Demak.

Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua di Indonesia dan Pulau Jawa. Masjid ini berdiri pada masa Kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam tertua di Pulau Jawa.

Dibangun pada masa pemerintahan Raden Patah, masjid ini disebut menjadi tempat berkumpulnya para Walisongo saat menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Lokasi masjid bersejarah ini berada di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Masjid Agung Demak memiliki ciri khas pada atapnya yang berbentuk limas bersusun.

2. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus, Jalan Menara, Kauman, Kudus, Jawa Tengah DOK. Kementerian Agama RIDOK. Kementerian Agama RI Masjid Menara Kudus, Jalan Menara, Kauman, Kudus, Jawa Tengah DOK. Kementerian Agama RI

Selanjutnya ada Masjid Menara Kudus atau biasa disebut Masjid Kudus saja. Seperti Masjid Agung Demak, Masjid Menara Kudus juga didirikan di masa Wali Songo.

Dikutip dari Kompas.com (15/1/2022), masjid yang berlokasi di Kudus, Jawa Tengah ini, dibangun oleh salah seorang anggota Wali Songo yakni Sunan Kudus atau Ja’far Shadiq.

Penamaan masjid tersebut juga merujuk kepada kota suci di Palestina yang memiliki nama Al-Quds atau Yerusalem. Sunan Kudus menamakannya dengan nama tersebut, untuk mengobati kerinduannya atas tempat kelahirannya, yakni Palestina

Ciri khas utama dari Masjid Kudus adalah bangunan menaranya yang menyerupai arsitektur candi. Hingga kini Masjid Kudus masih menjadi destinasi wisata religi yang populer di Pulau Jawa.

Baca juga: Sejarah Masjid Menara Kudus, Potret Akulturasi Islam-Hindu, dan Mitos Rajah Kalacakra

3. Masjid Gedhe Mataram Kotagede

Masjid Gedhe Mataram di kompleks Makam Raja-raja Mataram, Kotagede, Yogyakarta, Rabu (21/10/2020). Di sini terdapat makam Raja Pajang, Sultan Hadiwijaya, Ki Ageng Pemanahan, Raja Mataram Islam pertama, Panembahan Senopati, dan makam Sultan Hamengku Buwono II.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Masjid Gedhe Mataram di kompleks Makam Raja-raja Mataram, Kotagede, Yogyakarta, Rabu (21/10/2020). Di sini terdapat makam Raja Pajang, Sultan Hadiwijaya, Ki Ageng Pemanahan, Raja Mataram Islam pertama, Panembahan Senopati, dan makam Sultan Hamengku Buwono II.

Masjid Gedhe Mataram Kotagede berlokasi di Sayangan, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Provinsi Yogyakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com