Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesemutan Bisa Jadi Tanda Penyakit Tertentu, Apa Saja?

Kompas.com - 26/03/2022, 18:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Kesemutan tidak bisa dianggap remeh, sebab jika hal itu sering terjadi, bisa menjadi tanda adanya sejumlah penyakit atau masalah kesehatan.

Kesemutan adalah sensasi mati rasa, sakit seperti ditusuk jarum, merinding, atau geli di bagian tubuh tertentu yang mengalaminya.

Hampir semua orang pernah mengalami kesemutan. Biasanya, bagian tubuh yang kerap kesemutan antara lain tangan, kaki, pundak, atau bagian tubuh lainnya.

Kesemutan atau yang dalam bidang medis disebut paresthesia terbagi menjadi dua jenis, yakni kesemutan sementara dan kesemutan berkepanjangan.

Kesemutan sementara hanya berlangsung dalam waktu yang relatif sebentar. Kondisi ini terjadi akibat adanya tekanan pada saraf suatu bagian tubuh dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: 5 Gejala Penggumpalan Darah di Otak dan Cara Mendeteksinya

Sementara itu, kesemutan berkepanjangan biasanya terjadi berulang kali dalam kurun waktu yang lama.

Oleh sebab itu, kesemutan berkepanjangan perlu ditangani secara medis, sebab hal itu bisa jadi tanda gejala penyakit tertentu.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (22/9/2020), berikut ini 8 penyakit yang ditandai dengan gejala kesemutan:

1. Kekurangan atau kelebihan vitamin tertentu

Mengonsumsi vitamin dalam dosis yang tidak tepat bisa menyebabkan tubuh sering mengalami kesemutan.

Vitamin E, B1, B6, B12, dan niasin sangat penting untuk menunjang kesehatan saraf. Akan tetapi, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pernisiosa, penyebab penting dari gangguan saraf neuropati perifer.

Baca juga: Deretan Gejala Long Covid Pada Anak yang Sering Ditemukan, Apa Saja?

2. Penyakit autoimun

Kesemutan juga bisa jadi tanda penyakit autoimun. Penyakit ini memang dapat menyebabkan peradangan kronis.

Beberapa penyakit autoimun yang menimbulkan gejala sering kesemutan di antaranya sindrom Guillain-Barre, lupus, dan rheumatoid arthritis.

3. Infeksi

Kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya yang mengalami kesemutan bisa juga disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri.

Lyme, herpes, cytomegalovirus, Epstein-Barr, dan HIV/AIDS adalah contoh penyakit akibat infeksi virus atau bakteri yang membuat pengidapnya seringkali merasakan sensasi kesemutan.

4. Cedera saraf

Kesemutan bisa menjadi tanda adanya masalah atau cedera saraf. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, mulai dari saraf kejepit, saraf rusak, hingga saraf hancur.

Baca juga: Kenali Gejala Omicron Pada Orang yang Sudah Vaksin Lengkap Covid-19

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com