Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Pebalap Bakal "Motoran" Bareng Jokowi Jelang MotoGP Indonesia, Ini Daftarnya

Kompas.com - 12/03/2022, 07:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Rangkaian MotoGP Indonesia 2022 akan segera berlangsung. Ajang lomba balap motor paling bergengsi itu akan berlangsung di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), 18-20 Maret 2022.

Namun, dalam rangka menyambut pelaksanaan MotoGP Indonesia 2022 di sirkuit Mandalika, sejumlah pebalap dijadwalkan akan melaksanakan riding atau berkeliling mengendarai motor terlebih dahulu bersama Presiden Joko Widodo, di Jakarta.

Hal itu telah dikonfirmasi oleh pihak MotoGP, dikutip dari pernyataan resminya di situs MotoGP, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Belasan Pebalap MotoGP Bakal Ikut Parade di Jakarta Bareng Jokowi

Presiden Jokowi akan menyambut para pebalap di Istana, termasuk beberapa bintang olahraga terbesar, serta beberapa pahlawan lokal. Presiden kemudian akan bergabung dengan parade dan berkendara bersama mereka," tulis pernyataan resmi dari MotoGP.

Parade yang akan diikuti para pebalap dan Presiden Jokowi itu dijadwalkan berlangsung pada Rabu (16/3/2022) atau dua hari jelang pelaksanaan MotoGP Indonesia 2022.

Total akan ada 20 pebalap yang mengikuti parade bersama Presiden Jokowi. Termasuk di antaranya pebalap asal Spanyol yang juga pemilik enam gelar juara dunia MotoGP, Marc Marquez.

Tak hanya Marquez, untuk pebalap dari kelas MotoGP, semua dipastikan ikut, kecuali pebalap Aprilia dan KTM.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Baca juga: Prediksi MotoGP Indonesia: Honda Diunggulkan tetapi Satu Hal Jadi Perhatian

 

Sayangnya, juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha, tidak tercantum dalam daftar pebalap yang akan riding bersama Presiden Jokowi.

Secara keseluruhan, total ada 16 pebalap dari delapan tim berbeda di MotoGP 2022 yang akan riding bersama Presiden Jokowi.

Sementara empat pebalap lainnya yakni Bo Bensneyder dan Gabriel Rodrigo dari Pertamina Mandalika SAG Team yang berkompetisi di kelas Moto2. Kemudian ada dua pebalap asal Indonesia Mario Aji dan Veda Ega Pratama.

Mario Aji merupakan pebalap Honda Team Asia yang kini berkompetisi di Moto3. Sedangkan Veda Ega Pratama adalah pebalap berusia 13 tahun yang baru saja mengibarkan bendera Merah Putih di Qatar, Minggu (6/3/2022) lalu.

Bendera Merah Putih berkibar di Sirkuit Internasional Lusail akhir pekan lalu setelah Veda Ega naik podium ketiga race kedua seri pertama Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022.

Baca juga: Setelah MotoGP Indonesia, Sirkuit Mandalika Harus Rutin Gelar Event Besar

Berdasarkan keterangan dari MotoGP, Marc Marquez dan 19 pebalap lainnya akan disambut langsung oleh Presiden Jokowi setibanya di Istana Merdeka.

Setelah itu, keduapuluh pebalap tersebut akan keluar untuk mengikuti parade sambil mengendarai motor berkeliling Jakarta bersama Joko Widodo.

Setelah serangkaian seremoni di Jakarta, Marc Marquez dkk dijadwalkan langsung bertolak ke Lombok untuk bersiap mengikuti MotoGP Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai motor untuk menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021). Dalam kunjungannya ke NTB, Jokowi dijadwalkan meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika, sebelum kejuaraan dunia balap motor seperti Asia Talent Cup (ATC) dan World Super Bike (WSB) digelar pada November ini.SETPRES/AGUS SUPARTO Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai motor untuk menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021). Dalam kunjungannya ke NTB, Jokowi dijadwalkan meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika, sebelum kejuaraan dunia balap motor seperti Asia Talent Cup (ATC) dan World Super Bike (WSB) digelar pada November ini.

Daftar 20 pebalap yang ikut parade di Jakarta jelang MotoGP Indonesia 2022:

Baca juga: Daftar 20 Pebalap yang Akan Parade dengan Jokowi Jelang MotoGP Indonesia

Berikut ini adalah daftar 20 pebalap yang akan mengikuti parade di Jakarta bersama Presiden Jokowi:

  1. Marc Marquez (Repsol Honda Team)
  2. Pol Espargaró (Repsol Honda Team)
  3. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar)
  4. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar)
  5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
  6. Jack Miller (Ducati Lenovo Team)
  7. Enea Bastianini (Gresini Racing)
  8. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing™)
  9. Johann Zarco (Pramac Racing)
  10. Jorge Martin (Pramac Racing)
  11. Alex Marquez (LCR Honda) Takaaki
  12. Nakagami (LCR Honda)
  13. Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RN)
  14. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP)
  15. Luca Marini (Mooney VR46 Racing)
  16. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing)
  17. Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG)
  18. Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG)
  19. Mario Aji (Honda Team Asia)
  20. Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)

(Sumber:Kompas.com/M. Hafidz Imaduddin | Editor: Tri Indriawati)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com