Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Gejala Omicron Pada Orang yang Sudah Vaksin Lengkap Covid-19

Kompas.com - 05/03/2022, 13:34 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Sejak pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan dan Hongkong pada November 2021, varian Omicron mulai menggeser dominasi varian Delta dan meningkatkan kasus Covid-19 di seluruh dunia.

Dengan cepat Omicron dikonfirmasi telah menjadi strain Covid-19 paling dominan di Inggris pada Desember 2021.

Kendati varian Covid Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dibandingkan varian Delta, namun hingga kini, hanya sedikit kematian dan rawat inap yang dilaporkan akibat infeksi varian Omicron.

Para ahli menilai ada sembilan gejala Omicron pada orang yang divaksinasi lengkap.

Dilansir dari The Independent, Rabu (2/3/2022), ada beberapa gejala Omicron yang paling umum menimpa orang-orang yang telah divaksinasi lengkap.

Namun, dua gejala di antaranya bisa menjadi peringatan dini yang menandakan seseorang telah terinfeksi Covid varian Omicron.

Peneliti di Norwegia melakukan studi dengan mewawancarai 111 dari 117 tamu dari sebuah acara pesta pada 26 November 2021 di mana kegiatan tersebut telah memunculkan klaster wabah Omicron.

Dari kelompok yang diwawancarai untuk mengetahui gejala Omicron yang dikeluhkan, sebanyak 66 orang memiliki kasus definitif Covid-19 dan 15 orang kemungkinan memiliki kasus virus varian Omicron.

Sementara itu, dari 111 tamu, 89 persen telah menerima dua dosis vaksin mRNA dan belum ada yang menerima vaksin booster.

Baca juga: Perlukah Khawatir dengan Omicron Siluman? Ini Penjelasan Pakar

Gejala Omicron pada orang yang divaksinasi

Berdasarkan temuan studi yang dipublikasikan di jurnal penyakit menular dan epidemiologi, Eurosurveillance, terdapat delapan gejala utama yang dialami para peserta yang telah divaksinasi, yang hadir dalam pesta tersebut.

Gejala Omicron yang umum pada mereka antara lain:

  1. batuk,
  2. pilek,
  3. kelelahan,
  4. sakit tenggorokan,
  5. sakit kepala,
  6. nyeri otot,
  7. demam,
  8. dan bersin.

Dalam studi ini, batuk, pilek dan kelelahan adalah gejala Omicron paling umum yang dialami pada individu atau orang yang telah divaksinasi lengkap, sedangkan bersin dan demam paling jarang terjadi.

Selain itu, pakar kesehatan masyarakat menambahkan mual ke dalam daftar gejala Omicron pada orang yang sudah divaksinasi Covid-19 yang tertular varian Omicron.

Meski vaksin Covid-19 melindungi dari risiko infeksi virus yang lebih serius, namun masih mungkin untuk tertular Covid, bahkan jika Anda telah memiliki suntikan vaksin booster.

Sifat gejala Omicron yang cenderung ringan ini pun sulit untuk dibedakan dengan virus penyebab flu biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com