Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Video di TikTok Kini Makin Lama, Bisa Sampai 10 Menit

Kompas.com - 05/03/2022, 09:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Platform berbagi video, TikTok, kembali melakukan inovasi. Anak perusahaan ByteDance ini baru saja mengumumkan bahwa durasi video yang diunggah ke TikTok maksimal bisa mencapai 10 menit.

Adanya inovasi tersebut membuat label TikTok sebagai platform video berdurasi pendek semakin bergeser. Terlebih dalam kurun 18 bulan terakhir, TikTok selalu melakukan perubahan dalam hal durasi maksimal video yang diunggah.

Pada mulanya, durasi video TikTok adalah 60 detik atau 1 menit untuk waktu maksimal. Kemudian pada Juli 2021, durasi video TikTok diperpanjang menjadi maksimal 3 menit.

Lalu pada November 2021 lalu, TikTok kembali memperpanjang durasi maksimal video yang diunggah menjadi 5 menit.

Baca juga: TikTok Perpanjang Durasi Video Jadi 10 Menit

Dengan adanya perubahan terbaru ini, itu artinya durasi video TikTok menjadi dua kali lipat lebih panjang dibanding maksimal durasi waktu sebelumnya.

"Hari ini, kami senang mengumumkan durasi video yang diunggah bisa mencapai 10 menit," ungkap salah satu juru bicara TikTok, seperti diberitakan Kompas.com (1/3/2022).

Saat ini beberapa pengguna TikTok dilaporkan sudah bisa menjajal durasi unggahan video hingga 10 menit. Ketersediaan fitur ini diumumkan melalui notifikasi di dalam aplikasi.

Konsultan dan analis media sosial, Matt Navara, melalui akun Twitternya membagikan tangkapan layar yang berisi notifikasi perpanjangan durasi video TikTok.

Namun, untuk menikmati fitur terbaru dari TikTok ini, Navarra menyarankan pengguna untuk memperbarui versi aplikasi, salah satunya melalui tiktok.com.

"TikTok "merambah" ke wilayah YouTube. Sekarang saya dapat mengunggah video hingga 10 menit," tulis Navarra.

Baca juga: Facebook, YouTube, hingga TikTok Kompak Blokir Akun Milik Rusia

Ilustrasi TikTok salah satu media contoh digital maketing.Later.com Ilustrasi TikTok salah satu media contoh digital maketing.

Menurut Navarra, dengan durasi video yang semakin panjang, menjadikan peluang untuk monetisasi semakin besar.

Hanya saja, kata dia, TikTok harus memikirkan posisi mereka sebagai platform berbagi video setelah memungkinkan pengguna mengunggah video berdurasi lebih panjang.

"Mereka bisa melakukannya dengan membuat tempat (menu) khusus untuk konten yang diunggah dengan format lebih panjang," kata Navarra.

Menurutnya, konten berdurasi panjang kurang begitu cocok ditampilkan dalam mode vertikal, di mana video berdurasi pendek bisa di-scroll lebih cepat.

Baca juga: Viral di TikTok dan Twitter, Apa Arti Kata Bestie?

Sementara itu, menurut laporan Tech Radar, sebagian kreator ingin durasi video TikTok bisa lebih panjang lagi agar bisa semakin bersaing dengan Instagram Reels atau bahkan YouTube.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com