Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Gunakan WhatsApp Aero, Akun WhatsApp Bisa Diblokir Sementara hingga Permanen

Kompas.com - 09/01/2022, 22:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Beberapa waktu belakangan ini, pengguna WhatsApp diramaikan dengan kehadiran WhatsApp Aero. Apa itu?

WhatsApp Aero adalah salah satu jenis dari WhatsApp MOD. Sedangkan WhatsApp MOD sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga dengan memodifikasi fitur dan sistem yang ada di WhatsApp versi orisinal.

Selain WhatsApp Aero, jenis WhatsApp MOD lainnya di antaranya WhatsApp Plus dan WhatsApp GB.

Baca juga: Jangan Asal Pakai WhatsApp Aero, Ini Risikonya

Karena dikembangkan oleh pihak ketiga di luar WhatsApp, dalam hal ini Meta selaku induk perusahaan WhatsApp, WhatsApp MOD ini bersifat tidak resmi atau ilegal.

Sehingga aplikasi WhatsApp MOD seperti WhatsApp Aero ini memiliki bahaya di balik penggunaannya. Misalnya, keamanannya menjadi kurang terjamin.

Bahaya WhatsApp Aero lainnya adalah sanksi yang diberikan oleh pihak WhatsApp itu sendiri. Seperti yang disampaikan dalam laman bantuan milik WhatsApp.

Dalam keterangannya, pihak WhatsApp mengatakan bahwa akun pengguna WhatsApp yang memakai aplikasi WhatsApp MOD bisa diblokir sementara hingga selamanya.

“Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa WhatsApp akun Anda “Diblokir sementara”, ini berarti kemungkinan Anda menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung aplikasi WhatsApp resmi,” kata pihak WhatsApp.

Selain itu, pihak WhatsApp juga memperingatkan pada pengguna yang akunnya telah diblokir sementara, bisa berubah menjadi diblokir permanen, apabila pengguna tidak segera beralih ke aplikasi WhatsApp orisinal.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp Aero dan Apa Saja Fiturnya?

Ilustrasi WhatsAppbusinessinsider.com Ilustrasi WhatsApp

Sanksi pemblokiran akun oleh pihak WhatsApp pada pengguna WhatsApp Aero disebabkan karena aplikasi tersebut dinilai telah melanggar aturan layanan dari WhatsApp.

Sehingga, pihak WhatsApp juga menyarankan pada pengguna aplikasi WhatsApp MOD untuk segera beralih ke aplikasi WhatsApp yang resmi.

Pengguna diminta untuk mengamankan file terlebih dahulu sebelum log out dan menghapus aplikasi WhatsApp MOD.

Sementara itu, meski di situs WhatsApp Aero mengatakan bahwa pesan di aplikasi ini akan terenkripsi, tapi tidak disebutkan jaminan bahwa akun pengguna WhatsApp yang memakai aplikasi WhatsApp MOD ini tidak akan diblokir.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Aero dan WhatsApp Resmi

Beda WhatsApp orisinal dan WhatsApp Aero

Berbeda dengan WhatsApp yang bisa digunakan untuk sistem operasi android dan iOS, WhatsApp Aero hingga saat ini hanya bisa diunduh di ponsel dengan sistem operasi berbasis Android.

Namun, aplikasi WhatsApp Aero tidak tersedia di layanan Google Play Store seperti aplikasi WhatsApp orisinal. Untuk menginstall WhatsApp Aero hanya bisa dilakukan dengan mengunduh file APK melalui pihak ketiga, yakni situs WhatsApp Aero.

Keunggulannya, WhatsApp Aero menghadirkan beberapa fitur-fitur tambahan yang tidak dimiliki WhatsApp asli. Berikut ini sejumlah fitur WhatsApp Aero

  1. Menyembunyikan status online di WA
  2. Menjadwalkan pesan
  3. Melihat pesan dan status yang terhapus
  4. Memiliki lebih banyak tema dan emoji
  5. Menyembunyikan gambar tersimpan

Kendati memiliki berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh WhatsApp asli, namun banyak orang masih ragu dengan keamanan WhatsApp Aero.

Pasalnya, seperti aplikasi WA MOD lainnya, WhatsApp Aero juga dikembangkan oleh pihak ketiga. Karena itu akan lebih baik menggunakan aplikasi WhatsApp orisinal.

(Sumber: Kompas.com/Zulfikar Hardiansyah | Editor Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com