Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Ricky Kambuaya, Gelandang Andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kompas.com - 02/01/2022, 10:30 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2020. Pasukan Garuda harus mengakui keunggulan Thailand di final dengan skor agregat 6-2.

Namun demikian, penampilan impresif dan pantang menyerah yang ditunjukkan skuad asuhan Shin Tae-yong diapresiasi banyak pihak.

Keberanian pelatih asal Korea Selatan itu untuk menurunkan pemain-pemain muda, melahirkan calon pemain-pemain andalan timnas Indonesia di masa mendatang. Salah satu bintang baru tim Garuda yang menonjol di Piala AFF 2020 kali ini ialah Ricky Kambuaya.

Baca juga: Man of the Match Thailand vs Indonesia Ricky Kambuaya Bicara Soal Kans Bermain di Luar Negeri

Pemuda asal Papua itu menjadi andalan Shin Tae-yong selama gelaran Piala AFF 2020 ini. Itu terlihat dari keputusan Shin Tae-yong yang selalu menurunkan Ricky Kambuaya selama Piala AFF 2020 berlangsung.

Bahkan, Ricky Kambuaya bersama Alfeandra Dewangga, menjadi pemain yang selalu bermain penuh dalam empat pertandingan penyisihan Grup B.

Berposisi sebagai gelandang tengah, Ricky Kambuaya tak hanya rajin melakukan pressing terhadap lawan. Ia juga kerap membantu penyerangan dan menciptakan peluang-peluang yang berbahaya.

Dibekali dengan fisik yang prima, pemain berusia 25 tahun ini memiliki visi yang baik dan daya jelajah area yang tinggi.

Gelandang timnas Indonesia Ricky Kambuaya mendapat tekel dari pemain Singapura Hami Syahin pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, pada Sabtu (25/12/2021).PSSI Gelandang timnas Indonesia Ricky Kambuaya mendapat tekel dari pemain Singapura Hami Syahin pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, pada Sabtu (25/12/2021).

Baca juga: Ricky Kambuaya: Mutiara dari Papua, Pendobrak di Lini Tengah Timnas Indonesia

Penampilan apik Ricky Kambuaya di gelaran Piala AFF 2020 ini sudah terlihat sedari pertandingan pertama melawan Kamboja.

Saat itu meski tidak mencetak gol, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik atau man of the match dalam laga yang berkesudahan 4-2 untuk kemenangan Indonesia itu.

Gelar yang sama didapatkan pemain kelahiran Sorong ini di laga final leg kedua melawan Thailand, Sabtu (1/1/2022). Ricky Kambuaya bermain sangat baik dan mencetak satu gol melalui sepakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-7.

"Saya pribadi sejujurnya tidak berpikir bahwa saya terbaik, ini berbicara tentang strategi saja," komentar Ricky Kambuaya ketika disebut sebagai pemain terbaik Garuda sepanjang turnamen.

"Artinya, saya tampil baik karena telah menjalankan strategi."

Pemain yang kini membela Persebaya itu juga berbicara mengenai peluang bermain di luar negeri seperti halnya Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, dan Witan Sulaeman.

"Kalau memang ada peluang untuk bermain di luar negeri, tentunya akan lebih baik untuk karier dan ada kemauan untuk itu," tuturnya lagi.

Pemain Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. Thailand sukses keluar sebagai juara Piala AFF 2020 setelah pada laga final leg kedua melawan Indonesia berakhir imbang 2-2 dan menang dengan keunggulan agregat 6-2.AFP/ROSLAN RAHMAN Pemain Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. Thailand sukses keluar sebagai juara Piala AFF 2020 setelah pada laga final leg kedua melawan Indonesia berakhir imbang 2-2 dan menang dengan keunggulan agregat 6-2.

Baca juga: Ricky Kambuaya Awalnya Dilarang Main Bola Sebelum Selesaikan Kuliah, Kini Bersinar di Piala AFF 2020

Profil Ricky Kambuaya

Tanah Papua memang tidak henti melahirkan bintang baru di dunia sepak bola Indonesia. Estafet itu kini dilanjutkan oleh Ricky Kambuaya, pemuda kelahiran Sorong 5 Mei 1996.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com