Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Kembali Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kompas.com - 02/01/2022, 07:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk keenam kalinya tim nasional Indonesia mengakhiri turnamen Piala AFF sebagai runner-up. Di gelaran Piala AFF 2020 ini, timnas Indonesia harus mengakui keunggulan timnas Thailand yang sukses merengkuh trofi Piala AFF untuk keenam kalinya.

Bertanding di National Stadium Singapura, Minggu (1/1/2022), laga leg kedua final Piala AFF 2020 antara Indonesia melawan Thailand berakhir dengan skor 2-2.

Gol-gol timnas Indonesia dicetak oleh Ricky Kambuaya (7') dan Egy Maulana Vikri (80'). Sementara, dua gol Thailand hadir via Adisak Kraisorn (54') dan Sarach Yooyen (56').

Hasil ini membuat tim Gajah Perang unggul agregat 6-2 dan kian mempertegas statusnya sebagai raja sepak bola Asia Tenggara.

Baca juga: Hasil Thailand Vs Indonesia: Raih Trofi Ke-6, Gajah Perang Pertegas Status sebagai Raja Asia Tenggara

Kendati demikian, perjuangan Asnawi Mangkualam dkk tetap patut diapresiasi. Berisikan mayoritas pemain muda, skuad asuhan Shin Tae-yong ini berhasil memperlihatkan penampilan yang spartan dan pantang menyerah.

Perjalanan pasukan Garuda hingga ke babak final pun bisa dibilang tidak mudah. Indonesia sukses melewati perlawanan tim-tim kuat Asia Tenggara seperti Malaysia, Vietnam, hingga tuan rumah Singapura.

Berikut ini adalah rincian perjalanan timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 hingga sukses menembus babak final.

Grup B Piala AFF 2020

Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF 2020. Selain Indonesia, grup ini juga dihuni oleh Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

  • Pertandingan pertama vs Kamboja (9/12/2021)

Bertemu Kamboja, timnas Indonesia unggul dengan skor 4-2. Gol Indonesia dicetak oleh Rahmat Irianto (4’, 33’), Evan Dimas (17’), dan Ramai Rumakiek (54’).

Empat gol Indonesia hanya bisa dibalas dua gol oleh Kamboja, yang dicetak Yue Safy (37’) dan Prak Mony Udom (60’).

Rachmat Irianto merayakan gol yang ia cetak pada pertandingan fase grup Piala AFF 2020 Indonesia vs Kamboja di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB. Indonesia sukses melaju ke semifinal Piala AFF 2020 dan akan melawan tuan rumah Singapura.Dok. PSSI Rachmat Irianto merayakan gol yang ia cetak pada pertandingan fase grup Piala AFF 2020 Indonesia vs Kamboja di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB. Indonesia sukses melaju ke semifinal Piala AFF 2020 dan akan melawan tuan rumah Singapura.

Baca juga: Juara Tanpa Mahkota, Jejak Indonesia di Piala AFF dari Masa ke Masa

  • Pertandingan kedua vs Laos (12/12/2021)

Di pertandingan kedua, timnas Indonesia sukses melibas perlawanan Laos dengan skor telak 5-1. Pesta gol Indonesia diawali oleh sepakan penalti Asnawi Mangkualam di menit ke-23. Irfan Jaya kemudian menggandakan keunggulan tim Garuda di menit ke-34.

Menjelang akhir babak pertama, Laos memperkecil ketertinggalan lewat gol Kydavone Souvanny di menit ke-41.

Memasuki babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan dengan memasukkan Witan Sulaeman, Elkan Baggot, hingga Ezra Walian.

Hasilnya, Indonesia berhasil menambah keunggulan hingga tiga gol lewat Witan Sulaeman (56’), Ezra Walian (77’), dan Evan Dimas (84’).

  • Pertandingan ketiga vs Vietnam (15/12)

Ujian sesungguhnya bagi timnas Indonesia terjadi di laga ketiga Grup B melawan Vietnam. Di laga ini, Shin Tae yong kembali melakukan sejumlah perubahan di 11 pemain awal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com