Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Media Asing soal Elon Musk Datang ke Indonesia

Kompas.com - 20/05/2024, 15:30 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Tesla sekaligus SpaceX, Elon Musk turut hadir dalam acara peresmian layanan internet Starlink di puskesmas di Denpasar, Bali, pada Minggu (19/5/2024).

Dalam acara tersebut, Elon Musk tampak mengenakan kemeja batik warna hijau dan ditampingi oleh sejumlah pejabat, termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Untuk diketahui, layanan internet Starlink dapat diakses oleh 3.400 puskesmas di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Budi mencatat, masih ada 2.700 puskesmas yang susah mendapatkan internet dan 700 lainnya tidak memiliki akses internet yang tersebar di 7.000 pulau.

Dengan adanya Starlink, Budi berharap nantinya wilayah yang sulit terjangkau internet dapat melakukan telemedicine dengan dokter di tempat lain.

Kehadiran Elon Musk ke Indonesia pun turut mendapat sororan media asing. Apa kata mereka?

Baca juga: Starlink Milik Elon Musk Resmi Beroperasi di Indonesia, Ini Kelebihan dan Kekurangannya


1. Nikkei Asia

Kantor berita asal Jepang, Nikkei Asia memberitakan kedatangan Elon Musk dengan judul Musk, Indonesian health minister launch Starlink for health sector pada Minggu (19/5/2024).

Nikkei Asia menuliskan, layanan internet dari satelit SpaceX nantinya akan dipakai di sektor kesehatan untuk meningkatkan akses di daerah terpencil.

Presentasi dari video yang diputar dalam peluncuran tersebut menunjukkan kecepatan internet yang tinggi memungkinkan input data secara real-time.

Nantinya, kecepatan internet yang tinggi ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tantangan kesehatan seperti stunting dan malnutrisi dengan lebih baik.

Selain itu, Nikkei Asia juga menyinggung masalah investasi terhadap kendaraan listrik di Indonesia.

Kantor berita Jepang tersebut mengatakan, Indonesia telah berusaha memikat Tesla untuk membangun pabrik kendaraan listrik di Indonesia. Namun, Musk mengaku ingin lebih dulu berfokus pada akses Starlink.

Baca juga: BMKG Sebut Badai Matahari Ganggu Jaringan Starlink Milik Elon Musk

2. Washington Post

Kantor berita asal Amerika Serikat, Washington Post memberitakan kedatangan Musk di Indonesia dengan berita berjudul Elon Musk launches Starlink satellite internet service in Indonesia, world's largest archipelago.

Dalam artikelnya, media itu menyoroti kemeja batik berwarna hijau yang dikenakan oleh Elon Musk.

Musk menghadiri acara tersebut untuk menyediakan layanan internet cepat untuk daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com