Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Minum Kopi Sambil Merokok?

Kompas.com - 29/11/2023, 07:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyeruput secangkir kopi di pagi hari menjadi salah satu rutinitas yang sering dilakukan sebagian orang.

Minum kopi di pagi hari dipercaya dapat memberikan dorongan energi, membantu tubuh tetap terjaga, dan membantu memperbaiki suasana hati seseorang.

Biasanya, orang-orang akan memadukan secangkir kopi mereka dengan kue, camilan, atau biskuit. Namun, beberapa lainnya terkadang juga menyesap kopi sembari merokok.

Dikutip dari Kompas.com (21/8/2022), sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari University of Florida menjelaskan alasan di balik kebiasaan orang merokok sambil minum kopi.

Baca juga: Teh Vs Kopi, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Mulut?

Menurut hasil studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Neuropharmacology menemukan bahwa senyawa kimia yang ditemukan dalam biji kopi panggang dapat meringankan efek mengidam nikotin di pagi hari.

Senyawa kopi tersebut tampaknya secara langsung dapat memengaruhi reseptor nikotin tertentu yang sangat sensitif di otak.

Bagi perokok harian, reseptor itu akan menjadi hipersensitif setelah malam panjang yang dihabiskan tanpa nikotin.

Namun demikian, minum kopi sambil merokok sebenarnya menjadi kebiasaan yang buruk dilakukan. Ini lantaran, merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh ketika minum kopi sambil merokok?

Baca juga: Benarkah Minum Kopi Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi?


Baca juga: 4 Bahaya Minum Kopi bagi Penderita Diabetes

Minum kopi sambil merokok bahayakah?

Dilansir dari EMC Healthcare, menurut penelitian yang dilakukan Charalambos Vlachopoulos dan beberapa peneliti lain dari Cardiology Department of Athens Medical School, Yunani menemukan efek berbahaya dari konsumsi kopi bersamaan dengan merokok.

Dalam penelitian disebutkan, kafein dan rokok yang dikonsumsi secara bersamaan dapat berinteraksi serta menghasilkan efek negatif pada jantung.

Selain itu, hasil penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan adanya peningkatan risiko kekakuan pada arteri yang lebih tinggi terjadi pada partisipan yang meminum kopi dan merokok dalam sesi yang sama.

Tidak hanya itu saja, kombinasi kopi dan rokok juga dapat mempercepat kerusakan jantung lantaran kandungan nikotin pada rokok dan kafein pada kopi.

Kedua kandungan tersebut dapat membuat jantung bekerja lebih cepat dan juga dapat menyebabkan hipertensi.

Baca juga: Rokok Kretek Filter, Penyumbang Terbesar Kedua Garis Kemiskinan di Indonesia

Ilustrasi paru-paru perokok, Cara membersihkan paru-paru perokok, Perbedaan paru-paru perokok dan bukan perokok, Apakah paru-paru perokok bisa kembali normal, Cara membersihkan paru-paru perokok pasif. Shutterstock/Lucigerma Ilustrasi paru-paru perokok, Cara membersihkan paru-paru perokok, Perbedaan paru-paru perokok dan bukan perokok, Apakah paru-paru perokok bisa kembali normal, Cara membersihkan paru-paru perokok pasif.

Memiliki efek yang sama, kafein pada kopi dan nikotin pada rokok pada akhirnya akan bekerja saling menguatkan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com