Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi dan Penyebab KA Cikuray Berasap, KAI Bantah Kebakaran

Kompas.com - 27/11/2023, 13:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video KA Cikuray diduga mengalami kebakaran di gerbong kereta makan pada Minggu (26/11/2023) viral di media sosial.

Dalam beberapa unggahan, salah satunya unggahan @jalur5, disebutkan bahwa kereta Cikuray itu mengalami kebakaran.

"Hari Minggu (26/11) kereta makan - pembangkit KA Cikuray mengeluarkan asap seperti kebakaran di Stasiun Cikarang. Saat awal kebakaran, kereta tersebut sempat mengeluarkan api," tulis unggahan tersebut.

Beberapa penumpang membagikan momen ketika kepulan asap mulai membumbung di kereta tersebut.

"KA Cikuray hari ini tadi set 7 malam, konsleting listrik-dalam gerbong padam. Taunya pas keluar udah berasap di gerbong belakang," kata akun @kazuh******.


Kronologi kejadian

Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko membenarkan adanya insiden KA 268 (Cikuray) yang mengeluarkan asap saat tiba-tiba di Stasiun Cikarang, Minggu (25/11/2023).

Pihaknya meminta maaf atas insiden yang terjadi.

"Kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, atas adanya gangguan yg telah terjadi pada KA 268 (Cikuray) relasi Pasarsenen-Garut, sehingga pelayanan dan kenyamanan pelanggan di dalam KA menjadi terganggu," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/11/2023).

Berdasarkan laporan yang diterima dari Pusat pengendali perjalanan KA Daop 1 Jakarta, KA 268 (Cikuray) relasi Pasarsenen-Garut itu mengalami gangguan saat memasuki jalur IV Stasiun Cikarang pada Minggu (26/11/2023) pukul 18.35 WIB.

Gangguan tenis itu terjadi di kereta Makan Pembangkit (MP) nomor 01202. Akibatnya perjalanan kereta mengalami keterlambatan sekitar 40 menit.

Baca juga: Penumpang KA Wajib Menggunakan Face Recognition? Ini Jawaban KAI

Penyebab munculnya asap

Ketika dikonfirmasi, Ixfan membantah bahwa kepulan asap di gerbong kereta makan itu disebabkan karena kebakaran.

"Bukan kebakaran," tegasnya.

Ixfan menjelaskan, kepulan asap tersebut muncul karena terjadi gangguan teknis kelistrikan pada kereta Makan Pembangkit (MP) nomor 01202.

"Demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan selama perjalanan, petugas Teknisi Kereta Api (TKA) melakukan pengeceken dan perbaikan," ungkapnya.

Hingga pukul pukul 19.09 WIB, kelistrikan sudah normal kembali. Ixfan memastikan tidak ada korban akibat insiden tersebut.

"Alhamdulillah, semua petugas dan penumpang aman," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com