Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kisah 6 Hutan Paling Mistis di Dunia

Kompas.com - 13/11/2023, 22:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Sebagai paru-paru dunia, hutan menyimpan berbagai jenis tanaman atau hewan yang perlu dijaga kelestariannya. Pasalnya, saat ini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang berpotensi menyebabkan kerusakan ekosistem bumi.

Selain sebagai tempat konservasi, hutan juga menjadi alternatif destinasi wisata. Hal ini karena hutan memiliki daya tarik mulai dari bentang alamnya hingga makhluk yang hidup didalamnya.

Namun, ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa hutan tertentu menyimpan misteri, mulai dari kejadian mistis hingga hal menakutkan lainnya. Hal ini pun dialami oleh Suryadi yang tersesat di Hutan Pacet akibat mengikuti Google Maps.

Cerita tersebut diangkat dalam audio drama siniar Tinggal Nama edisi Ganjal bertajuk “Suryadi Tersesat di Hutan Pacet”, dengan tautan akses s.id/TNGanjalE2.

Selain kisah Suryadi yang tersesat di Hutan Pacet, berikut adalah beberapa kisah hutan dengan cerita mistis di dunia.

1. Aokigahara, Jepang

Melansir Times of India, Jepang adalah negara dengan tingkat bunuh diri terbesar di dunia. Bahkan saking tingginya angka bunuh diri di Jepang, Hutan Aokigahara dipercaya sebagai salah satu lokasi yang selalu dipilih untuk melakukan aksi terlarang tersebut.

Baca juga: 4 Kisah Mistis dalam Perang Dunia

Hal tersebut membuat Hutan Aokigahara dianggap sebagai hutan angker karena banyak orang yang mengaku kerap melihat arwah gentayangan.

2. Dow Hill, India

Melansir The Daily Guardian, India adalah salah satu negara yang memiliki hutan yang luas. Salah satunya adalah Hutan Dow Hill yang dijadikan hutan lindung untuk dijaga kelestariannya. Namun, banyak informasi yang beredar di masyarakat sekitar hutan yang menceritakan misteri mengerikan tentang hutan ini.

3. Epping, Inggris

Melansir Guardian Series, Inggris merupakan satu negara yang aktif dalam perjalanan Perang Dunia I dan Perang Dunia II, sehingga ada banyak kejadian mengerikan yang terjadi pada masa tersebut.

Salah satunya adalah kejadian mistis yang terjadi di Epping Forest. Konon hutan ini menjadi salah satu tempat pembantaian dan menyimpan banyak mayat korban perang dan pembunuhan.

Masyarakat Inggris percaya Hutan Epping hutan ini adalah yang mengerikan karena kerap mendengar suara mistis hingga terlihat penampakan misterius di dalam hutan.

4. Alas Purwo, Indonesia

Hutan Alas Purwo merupakan salah satu hutan yang dilindungi kelestariannya di pulau Jawa. Namun, masyarakat kerap mengaitkan hutan ini dengan hal-hal mistis. Konon, orang yang menjelajahi hutan ini kerap merasakan hal aneh seperti dibuat salah jalan hingga hilang.

5. Hoia-Baciu, Romania

Hutan Hoia-Baciu di Transylvania dianggap sebagai segitiga bermuda di daratan. Hal ini dikarenakan hutan tersebut memiliki lingkaran di tengahnya.

Konon, di hutan ini pernah ada seorang penggembala yang hilang bersama ratusan domba gembalanya. Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa hutan ini adalah portal menuju dunia lain, sehingga orang yang masuk ke dalamnya tak akan pernah kembali atau hilang. Kalaupun selamat, mereka akan mengalami sejumlah gangguan fisik atau mental.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com