Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan KCIC soal 31 Penumpang Kereta Cepat Whoosh yang Tertinggal

Kompas.com - 19/10/2023, 18:47 WIB
Alinda Hardiantoro,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 31 penumpang kereta cepat Whoosh tertinggal kereta relasi Tegalluar-Halim pada Kamis (19/10/2023) pukul 06.56 WIB.

Puluhan penumpang itu ketinggalan kereta karena kereta api (KA) feeder yang membawanya ke Stasiun Padalarang terlambat datang.

Salah satu penumpang Kereta Cepat Whoosh asal Kota Bandung, RIki Suhandoyo (25) mengatakan, KA Feeder mengalami gangguan operasional sehingga dia dan penumpang lainnya terpaksa naik KA Feeder selanjutnya.

"Kami menunggu 2 jam lebih, tapi dikondisikan di ruang tunggu. Nah, saya baru berangkat dengan kereta dari jadwal pemberangkatan selanjutnya pada pukul 09.02 WIB," kata Riki, dilansir dari Kompas.com, Kamis.

Dia merasa dirugikan atas keterlambatan KA feeder karena mengganggu pekerjaannya sebagai audit distributor.

Baca juga: Jadwal Terbaru KA Feeder Kereta Cepat Whoosh, Bandung-Padalarang PP

Lantas, bagaimana penjelasan dari KCIC?

Baca juga: 3 Cara Pembelian Tiket Kereta Cepat Whoosh, Bisa Dilakukan 7 Hari Sebelum Keberangkatan

Kendala operasional kereta feeder

Kereta cepat Jakarta Bandung atau kereta cepat Whoosh. Diskon tiket kereta cepat Whoosh untuk keberangkatan 18 Oktober sampai 30 November 2023.KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Kereta cepat Jakarta Bandung atau kereta cepat Whoosh. Diskon tiket kereta cepat Whoosh untuk keberangkatan 18 Oktober sampai 30 November 2023.

Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa membenarkan adanya insiden tersebut.

Pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang kereta cepat Whoosh yang mengalami keterlambatan karena adanya kendala operasional kereta feeder dari Stasiun Bandung.

"Sebanyak 31 penumpang yang sebelumnya menggunakan KA feeder tidak dapat naik Kereta Cepat untuk jadwal keberangkat 06.56 WIB dari Stasiun Padalarang karena kereta cepat Whoosh berangkat sesuai jadwal," ujarnya, seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Eva menjelaskan, kereta cepat Whoosh tidak dapat menunggu puluhan penumpang tersebut lantaran moda transportasi itu mengutamakan ketepatan waktu dalam operasionalnya.

"Dengan tingkat ketepatan waktu keberangkatan yang mendekati 100 persen, sehingga kereta cepat Whoosh tidak dapat menunggu penumpang di luar jadwal keberangkatannya. Pengaturan operasional perjalanan kereta cepat sangat mengutamakan keselamatan dan keamanan," jelas Eva.

Untuk mencegah agar hal tersebut tidak kembali terjadi, pihaknya mengaku akan terus berkoordinasi bersama KAI untuk pelayanan yang lebih baik.

"Ke depannya KAI juga akan menyiapkan satu rangkaian cadangan KA feeder di Stasiun Bandung sebagai bentuk antisipasi," jelasnya.

Baca juga: Promo Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Rp 150.000, Ini Caranya

KCIC beri kompensasi

Tiket kereta cepat Whoosh bisa dibeli di ticket vending machine yang berada di stasiun. Dok. PT KCIC Tiket kereta cepat Whoosh bisa dibeli di ticket vending machine yang berada di stasiun.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com