Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sorotan Media Asing soal Ganjar-Mahfud MD di Pilpres 2024, Ini Katanya

Kompas.com - 19/10/2023, 15:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahfud MD telah diumumkan sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pengumuman itu dilakukan oleh Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI-P Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Pengumuman Mahfud MD yang digandeng sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo itu pun tak luput dari pemberitaan sejumlah media asing.

Baca juga: Alasan Mahfud MD Dipilih Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Lalu, apa saja pemberitaan media asing tersebut?

Kata media asing soal Mahfud jadi cawapres Ganjar

Selengkapnya, berikut sejumlah pemberitaan media asing soal Mahfud MD menjadi cawapres Ganjar Pranowo:

1. The Straits Times

Media The Strait Times memberitakan perihal Mahfud MD menjadi cawapres Ganjar dengan artikelnya yang berjudul “Indonesia election: Ruling party PDI-P picks security minister Mahfud as running mate for Ganjar".

Media yang berbasis di Singapura itu memaparkan bahwa Mahfud merupakan anggota senior organisasi Islam terbesar dan paling berpengaruh di Indonesia, Nadhlatul Ulama (NU).

Selain itu, The Strait Times juga mengatakan bahwa Mahfud mendapat banyak dukungan setelah ia melawan korupsi, termasuk perilaku nakal pejabat pemerintah dan aparat penegak hukum.

“Dalam pidatonya setelah pengumuman tersebut, Dr Mahfud menekankan perlunya Indonesia mempertahankan penegakan hukum yang kuat dan terus memerangi korupsi,” tulis The Strait Times.

Media ini juga mengungkapkan bahwa Mahfud sebelumnya pernah hampir dipasangkan dengan Jokowi pada 2019, namun batal.

"Dr Mahfud sebelumnya adalah calon wakil presiden pada pemilu 2019, sebagai cawapres Bapak Widodo. Ia diganti pada menit-menit terakhir setelah elit partai di PDI-P dan mitra koalisinya memilih Ma’ruf Amin, seorang pemimpin NU yang lebih senior dan kini menjabat sebagai wakil presiden," tulis mereka.

2. Channel News Asia (CNA)

Media Singapura lain, Channel News Asia atau CNA menuliskan pemberitaan Mahfud MD menjadi cawapres Ganjar dengan mengutip perkataan Megawati Soekarnoputri saat pengumuman bacawapres. 

Pemberitaan itu dimuat dalam artikel berjudul "Indonesia's senior minister Mahfud MD picked as VP running mate for ruling party's presidential candidate Ganjar Pranowo".

Disebutkan, Mahfud adalah seorang intelektual yang mumpuni. Selain itu juga sosok yang jujur dan berani, selalu memperjuangkan hak-hak rakyat.

"Pasangan Pak Ganjar dan Pak Mahfud akan memperkaya demokrasi negeri ini,” kata Megawati

CNA juga menyoroti tanggapan Mahfud MD setelah dipasangkan dengan Ganjar Pranowo.

Mahfud menyebutkan, Ganjar adalah pemimpin yang populer dan berani. Di antaranya berani memperbaiki kesalahan, berani menerima kritik, dan berani memperjuangkan nilai-nilai politik yang dianutnya. 

Selain itu, CNA menambahkan pernyataan Ganjar perihal meminta dukungan masyarakat Indonesia kepadanya.

“Kami yakin dengan semangat bersama ini, kita akan segera meraih masa depan dan kehidupan yang jauh lebih baik bagi seluruh bangsa Indonesia,” ujar Ganjar.

Menurut analis atau pakar, pengumuman tersebut merupakan langkah strategis mengingat sehari setelahnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran capres dan cawapres.

Baca juga: Resmi Jadi Cawapres Ganjar, Ini Respons Mahfud MD

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com