Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Boleh Diberi Makan "Wet Food" Setiap Hari?

Kompas.com - 25/09/2023, 12:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang mempertanyakan apakah kucing boleh diberikan wet food (makanan basah) ramai di media sosial.

Unggahan tersebut salah satunya diunggah oleh akun X @koc**** pada Selasa (19/9/2023).

"Emang boleh ya anabul tap hari makan wetfood? bener2 ga di selingin dryfood. jadi kaka ku nyuruh buat bikin wetfood sendiri dari ayam yang di rebus ituuu, dan bilang 'udah makan itu aja, gausa pake dryfood lagi' aku ragu karena setauku ga boleh. pas aku bilang kalo ga boleh wetfood terus, terus dia ngotot katanya boleh gara2 liat info di toktok," tulis dalam unggahan.

Hingga Senin (25/9/2023), unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 39.900 kali dan mendapatkan 40 komentar dari warganet.

Baca juga: Viral, Video Kucing Kekar Berotot seperti Binaragawan, Apa Penyebabnya?

Lantas, bolehkah kucing diberi makan wet food setiap hari?


Baca juga: Cara Mengusir Kucing Jantan yang Suka Mengejar Betina

Penjelasan dokter

Dokter hewan di Universitas Nusa Cendana Aji Winarso mengatakan bahwa kucing diperbolehkan untuk diberi makan wet food setiap hari. Namun, dalam pemberian wet food itu juga harus dibarengi dengan dry food.

"Boleh setiap hari (pemberian wet food), tapi tetap harus selalu kasih dry food," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (20/9/2023).

Ia menyampaikan, pemberian dry food bertujuan agar kucing tidak mengalami karang gigi dan bau mulut akibat dari wet food itu sendiri.

"Karena kalau tidak dikasih dry food bisa memicu karang gigi, dry food dapat berfungsi seperti gosok gigi," lanjut dia.

Untuk itu ia menyarankan, sebaiknya kucing diberi makanan basah dan makanan kering secara bergantian. Misalnya, wet food diberikan di siang hari sebagai camilan, dan dry food diberikan di pagi dan sore hari.

Ia mengatakan bahwa wet food sebenarnya baik untuk kucing. Ini karena, wet food mengandung banyak air di dalamnya.

"Wet food bagus untuk membantu kucing dapat air, terlebih bagi kucing yang jarang minum," lanjutnya.

Baca juga: Apakah Makanan Kucing Aman Dikonsumsi Anjing?

Wet food mengandung banyak air

Ilustrasi wet food atau makanan basahSHUTTERSTOCK/AL.GEBA Ilustrasi wet food atau makanan basah

Sementara itu, dokter hewan sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) Slamet Raharjo mengatakan, wet food memiliki kandungan air yang tinggi.

Kandungan air dalam makanan basah tersebut bahkan mencapai 80 persen, sehingga nutrisi yang terkandung menjadi lebih rendah dibanding dengan makanan kering.

"Namun, wet food memiliki kelebihan di aroma dan palatabilitas/rasa yang lebih menarik bagi kucing dibanding dry food," ujarnya terpisah.

Slamet menambahkan, apabila kucing diberikan wet food setiap hari maka pemberiannya harus dilakukan secara terus menerus.

"Tidak ada efek negatif selama jumlah yang diberikan mencukupi. Bila jumlah pemberiannya tidak mencukupi kebutuhan energi, kucing akan membongkar cadangan energi atau lemak sehingga dapat menurunkan berat badan," pungkasnya.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kardus, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com