Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Meletakkan Ponsel di Dasbor Motor Bisa Merusak Kamera?

Kompas.com - 20/09/2023, 09:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebutkan jika meletakkan ponsel di dashboard sepeda motor bisa merusak bagian kameranya, viral di media sosial Instagram. 

Video tersebut diunggah akun @syihab_banjarbaru pada Rabu (21/7/2023).

Dalam video tersebut diperlihatkan, ponsel iPhone yang mengalami kerusakan di bagian kameranya setelah diletakkan di dasbor motor. Tampak saat kamera dinyalakan, gambar di layar bergoyang-goyang tidak stabil. 

"Hayoo ngaku, siapa yg sering naroh handphone nya di dasbor motor?" tulisnya.

Lalu, benarkah meletakkan ponsel di dashboard sepeda motor bisa membuat kamera ponsel rusak? 

Baca juga: Benarkah Sinar Laser Bisa Rusak Kamera? Hati-hati Saat Nonton Konser


Penjelasan ahli IT

Pengamat keamanan siber dan forensik digital dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, ponsel yang diletakkan di dasbor sepeda motor berpotensi rusak bagian kameranya.

Hal itu karena di dalam ponsel tersebut sudah ada fitur Optical Image Stabilization atau OIS berupa stabilizer optik dengan magnet.

Pihaknya menjelaskan, OIS merupakan komponen penyetabil kamera yang membuat proses pengambilan foto dan video lebih mudah dan hasilnya menjadi tidak bergetar.

Menurutnya, kamera ber-OIS menghasilkan gambar lebih bagus karena kamera ditopang dengan bagian yang membuatnya menjadi stabil. 

Kondisi ini berbeda dengan kamera yang menggunakan penyetabil berupa piranti lunak karena hanya berusaha menyempurnakan gambar.

Magnet di fitur OIS kamera ponsel

Fitur OIS di kamera ponsel memiliki magnet-magnet kecil di sekelilingnya.

Oleh karena itu saat ponsel yang memiliki OIS diletakkan di dasbor motor, hal ini akan merusak bagian magnet di alat tersebut.

"Jadi, magnet penggerak lensa rusak karena getaran konstan saat ponsel di dashboard motor," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Getaran konstan dari motor secara terus-menerus akan menyebabkan kerusakan magnet OIS. Magnet OIS akan bergeser dan membuat gambar di kameranya menjadi kabur dan terlihat bergoyang.

Alfons menegaskan, kerusakan ini hanya terjadi pada ponsel dengan kamera yang menggunakan OIS seperti pada iPhone 13, Samsung S21 ultra, Huawei P50, Vivo X70 Pto, dan Oppo Find K3Pro.

Baca juga: Cara Ampuh Bersihkan Kamera Ponsel yang Blur, Bisa Jernih seperti Baru

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com