Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Tertutup, Apa Alasannya?

Kompas.com - 30/08/2023, 17:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proses pemakaman pemimpin tentara bayaran Rusia atau yang dikenal sebagai bos Wagner, Yevgeny Prigozhin digelar dalam sebuah upacara tertutup.

Pemakanan Prigozhin dilakukan di kampung halamannya, Saint Petersburg, Rusia, pada Selasa (29/8/2023) pukul 16.00 waktu setempat, menurut laporan BBC.

Diberitakan sebelumnya, Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat yang terjadi pada Rabu (23/8/2023), dua bulan setelah ia melancarkan pemberontakan terhadap kepemimpinan militer Rusia.

Kematian bos Wagner itu kemudian dikonfirmasi oleh badan investigasi kriminal terkemuka Rusia, Komite Investigasi yang mengatakan secara resmi tentang kematian Prigozhin pada hari Minggu (27/8/2023).

“Perpisahan dengan Yevgeny berlangsung dalam format tertutup," kata layanan persnya dalam postingan singkat di Telegram dikutip dari Independent, Selasa (29/8/2023).

"Mereka yang ingin mengucapkan selamat tinggal dapat mengunjungi area pemakaman Porokhovsky," tambahnya.

Baca juga: Bagaimana Nasib Grup Wagner di Rusia Usai Yevgeny Prigozhin Tewas?


Alasan pemakaman Yevgeny Prigozhin digelar tertutup

Dilansir dari Washington Post, Selasa (29/8/2023), di luar pemakaman Prigozhin terdapat barisan polisi di sepanjang pagar pembatas.

Selain itu ada juga anjing pelacak, petugas anti-drone, dan polisi anti huru hara.

Ada sebuah salib kayu yang menjulang tinggi di atas makamnya yang ditutupi bunga. Di dekatnya juga terdapat sebuah bendera tiga warna Rusia dan bendera Wagner hitam.

Media Rusia mengutip sumber yang tak disebutkan identitasnya alasan mengapa Prigozhin dimakamkan secara tertutup dan tanpa publisitas, yaitu karena sesuai dengan keinginan keluarganya.

Salah satu stasiun televisi besar, Russia 1, mendedikasikan kurang dari satu menit waktu tayang untuk acara tersebut dalam buletin berita malamnya.

Mereka hanya mengatakan bahwa upacara pemakaman berlangsung "tanpa orang luar dan pers atas permintaan keluarga" dan bahwa makam Prigozhin berada tepat di sebelah makam ayahnya, yang meninggal pada 1978.

Stasiun televisi populer lainnya, Channel One, sama sekali tak memberitakan pemakaman itu dalam berita malam mereka.

Kerahasiaan dan kebingungan seputar pemakaman Prigozhin dan para letnan tingginya mencerminkan dilema yang dihadapi Kremlin di tengah spekulasi yang beredar bahwa kecelakaan itu kemungkinan besar merupakan balas dendam atas pemberontakan 23-24 Juni.

Baca juga: Daftar Musuh Putin yang Tewas Misterius, Terbaru Yevgeny Prigozhin

Putin tidak datang ke pemakaman Prigozhin

Sementara itu, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa pemimpin negara itu tidak akan menghadiri pemakaman Prigozhin, meskipun para pejuang Wagner memainkan peran penting dalam invasi besar-besaran ke Ukraina yang dilancarkan Putin pada Februari 2022.

Putin tetap diam selama hampir 24 jam setelah kecelakaan pesawat yang dialami oleh Prigozhin.

Kemudian, pada keesokan harinya dia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga semua korban.

Putin menggambarkan Prigozhin sebagai "orang berbakat" yang "membuat kesalahan serius dalam hidup".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com