Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Kompas.com - 07/08/2023, 11:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah atau gula darah.

Jenis kondisi yang paling umum adalah diabetes tipe 2, yang terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau tidak menghasilkan cukup insulin.

DIkutip dari laman Departemen Kesehatan Amerika Serikat (CDC), diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang memengaruhi cara tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Pada dasarnya, tubuh memecah sebagian besar makanan yang dikonsumsi menjadi gula (glukosa) dan melepaskannya ke aliran darah.

Baca juga: Amankah Penderita Diabetes Mengonsumsi Buah Semangka?


Ketika gula darah naik, itu memberi sinyal pada pankreas untuk melepaskan insulin. Insulin bertindak seperti kunci untuk membiarkan gula darah masuk ke sel tubuh dan digunakan sebagai energi.

Ketika menderita diabetes, tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakannya sebagaimana mestinya.

Ketika tidak ada cukup insulin atau sel berhenti merespons insulin, akan ada terlalu banyak gula darah yang tetap berada di aliran darah.

Seiring waktu, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung , kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal.

Baca juga: 7 Khasiat Daun Sirsak, Redakan Gejala Asam Urat dan Diabetes

Camilan sehat untuk penderita diabetes

Dilansir dari laman Healthline, berikut adalah beberapa pilihan makanan atau camilan yang ramah bagi penderita diabetes:

1. Telur Rebus

Satu telur rebus besar menyediakan 6,3 gram protein, yang bermanfaat untuk diabetes karena membantu mencegah gula darah naik terlalu tinggi setelah makan.

Sebuah penelitian melibatkan 65 orang dengan diabetes tipe 2 yang makan dua butir telur setiap hari selama 12 minggu. Mereka mengalami penurunan kadar gula darah puasa yang signifikan.

Mereka juga memiliki hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang merupakan ukuran kontrol gula darah jangka panjang.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Telur Orak-arik atau Telur Rebus?

2. Yoghurt dengan Berries

Ilustrasi yogurt dan bluberi, camilan sehat bagi penderita diabetes.iStockphoto/Kaycco Ilustrasi yogurt dan bluberi, camilan sehat bagi penderita diabetes.

Yoghurt bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, berkat kandungan probiotik yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme makanan yang mengandung gula.

Antioksidan dalam buah beri dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel pankreas, organ yang bertanggung jawab melepaskan hormon yang menurunkan kadar gula darah.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com