Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analisis Gempa M 5,7 yang Guncang Pacitan dan Wilayah yang Merasakan

Kompas.com - 23/07/2023, 20:36 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi dengan kekuatan M 5,7 mengguncang Pacitan, Jawa Timur pada Minggu (23/7/2023) malam pukul 19:33 WIB. Sejumlah daerah di sekitarnya seperti Yogyakarta juga ikut merasakan getaran gempa

Informasi tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya @infoBMKG.

"Magnitudo: 5.7, Kedalaman: 10 km, 23 Jul 2023 19:33:25 WIB, Koordinat: 8.94 LS-111.04 BT (84 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG.

Terjadinya gempa juga dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Pihaknya mengatakan, episenter gempa terletak pada koordinat 8,89 derajat lintang selatan dan 111,00 derajat bujur timur.

Baca juga: Pacitan Diguncang Gempa M 5,7, Terasa di Gunungkidul dan Warga Pusing

Penyebab Gempa Pacitan

Daryono menjelaskan, titik gempa kali ini berada di laut pada jarak 79 kilometer arah barat daya Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 42 kilometer.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,7," ujar Daryono kepada Kompas.com, Minggu (23/7/2023).

Ia menerangkan, bila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya maka gempa ini termasuk jenis gempa dangkal.

Gempa yang mengguncang Pacitan malam ini, kata Daryono, disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme geser naik atau oblique thrust," jelasnya.

Baca juga: Gempa M 4,6 Guncang Labuan Bajo, Manggarai Barat

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com