Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Brantas Tabrak Truk di Semarang, Api Sempat Berkobar

Kompas.com - 18/07/2023, 21:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecelakaan Kereta Api Brantas rute Jakarta Pasarsenen-Bitar terjadi di perlintasan kereta Jalan Madukoro Raya, Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (18/7/2023) malam.

Kereta yang menabrak truk di tengah rel kereta sempat memicu ledakan dan kobaran api. Namun polisi menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. 

Video detik-detik kecelakaan KA Brantas yang menabrak truk salah satunya diunggah oleh akun Twitter @sahabat_kereta. Disebutkan, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Viral, Video Detik-detik KA Brantas Tabrak Truk di Semarang 

Polisi: tidak ada korban jiwa

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun ada satu orang yang terluka dari penumpang kereta api karena melompat dari KA.

Selain itu, kini pihak kepolisian sedang melakukan langkah-langkah untuk mengevakuasi gerbong kereta yang terbakar.

"Sampai dengan saat ini langkah-langkah yang dilakukan kepolisian dari pengamanan kereta api adalah berupaya mengevakuasi gerbong yang tadi melintang di TKP," kata Anwar kepada Kompas.com, Selasa (18/7/2023). 

Kemudian langkah berikutnya akan menggeser tronton yang melintang di TKP kemudian menggeser lokomotif yang menggantung di atas jembatan.

Penyebab kecelakaan: Truk mogok di atas rel

Terkait penyebab kecelakaan, pihaknya mengatakan bahwa informasi awal kecelakaan diduga dipicu adanya truk mogok di atas rel kereta api.

Saat truk tersebut mogok di tengah rel, driver dan kernetnya sudah meminta tolong ke petugas palang kereta yang ada di lokasi, namun tidak sempat karena kereta sudah mendekat sehingga terjadi kecelakaan.

"Sopir dan kernet sempat melompat untuk meminta bantuan petugas kereta api. Jadi tidak menerobos, tapi mogok di atas rel kereta api. Penyebab kebakaran masih kita dalami apakah dari kepala tronton yang berisi BBM atau tidak," jelasnya.

Video yang merekam detik-detik kecelakaan kereta api Brantas jurusan Jakarta Pasarsenen-Blitar tersebut viral di media sosial. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com