PERPUSTAKAAN Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) belum lama ini menghelat acara diskusi buku berjudul “Inspirasi untuk Dunia: Islam Indonesia dalam Perspektif Pemikiran Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid, Ahmad Syafii Maarif”.
Buku terbitan UIII dan penerbit buku Mizan itu melibatkan para akademisi Indonesia seperti Amin Abdullah, Haidar Baqir, Martin L Sinaga sebagai penulis. Editor buku itu Komaruddin Hidayat, cendekiawan muslim dan rektor UIII, dan Ahmad Gaus, penulis dan editor.
Tulisan ini merupakan catatan pandangan mata atas forum diskusi buku tersebut. Karena keterbatasan ruang, catatan ini mungkin tidak menampilkan keutuhan pandangan para pembicara dalam forum itu.
Syafiq Hasyim, direktur Perpustakaan UIII dan akademisi NU, menjadi moderator jalannya acara dalam bahasa Inggris. Sebagian besar mahasiswa S2 dan S3 UIII dan beberapa undangan, menghadiri acara itu.
Tampaknya, ke depan Perpustakaan UIII perlu memikirkan strategi dan taktik tertentu untuk menghadirkan lebih banyak pengunjung dari luar dan jurnalis.
Sejumlah penulis artikel dalam buku itu, seperti Syafi’i Anwar, Philips Vermonte, dan Komaruddin Hidayat menjadi narasumber dalam acara itu. Nina Nurmila, pakar gender, diminta memberi review terkait aspek gender dari buku yang didiskusikan.
Pembicara pertama adalah Syafi’i Anwar, akademisi lulusan Universitas Melbourne dan pengajar di UIII. Menurut Syafi’i, ketiga tokoh dalam buku itu, yaitu Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid, dan Ahmad Syafii Maarif”, memperjuangkan islam modern dan kosmopolit. Secara khusus, mereka membela pluralisme, dalam arti perayaan keragaman dan kemajemukan.
Perlu saya tambahkan bahwa pluralisme di sini bukan sinkretisme dalam pengertian kelompok Islam konservatif dan radikal, yang mengharamkan pluralisme.
Baca juga: PKB Sambut Julukan Bapak Pluralisme bagi Gus Dur: Kita Lanjutkan Keteladanannya
Dalam presentasinya, Syafi’i menjelaskan kedekatannya dengan Gus Dur sehingga dipercaya mengedit satu buku berjudul “Islamku, Islam Anda, Islam Kita”. Syafi’i menekankan, inti pemikiran para tokoh tersebut adalah pembelaan terhadap pluralisme, termasuk kelompok minoritas.
Baca juga: Fikih Kenegaraan Gus Dur
Philips J Vermonte, pakar politik dan dekan Fakultas Ilmu Sosial UIII, menelisik pemikiran Gus Dur yang masih jarang dikaji, yaitu terkait politik luar negeri. Philips membahas background pendidikan, kiprah, dan pemikiran Gus Dur sebagai seorang aktivis civil society, yang kemudian menduduki jabatan politik tertinggi sebagai presiden.
Nina Nurmila, akademisi bidang gender, mendiskusikan aspek gender dalam pemikiran ketiga tokoh tersebut. Menurut Nina, buku ini tidak banyak mengulas aspek gender, dan hal yang mungkin perlu ditambahkan pada edisi revisi buku itu.
Baca juga: Doktrin Tauhid sebagai Fondasi Pembaruan Nurcholish Madjid
Komaruddin Hidayat menjelaskan bahwa ketiga pemikir itu menekankan satu Islam yang inklusif, modern dan kosmopolit. Islam ala Indonesia. Kehadiran Islam di tengah dominasi budaya Hindu dan Budha bersifat damai sehingga wajah Islam di Indonesia memiliki kekhasan, dengan nilai toleransi dan kerukunan yang bisa dijadikan sebagai satu inspirasi untuk aplikasi Islam dunia internasional, yang ramah dan cinta damai.