Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Bidan Papua Membawa Ibu Hamil ke RS, Berjalan Melewati Jembatan Rusak, Belasan Jam Naik Perahu Menyusuri Sungai dan Rawa

Kompas.com - 05/05/2023, 16:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menampilkan tenaga kesehatan tengah membantu merujuk seorang ibu hamil ke rumah sakit di Papua, viral di media sosial TikTok.

Dalam unggahan yang tayang Sabtu (29/4/2023) itu terlihat bagaimana proses membawa pasien yang penuh dengan perjuangan.

Pasalnya, nakes dan keluarga pasien harus berjibaku dengan keterbatasan infrastruktur yang ada untuk bisa sampai ke rumah sakit.

"Rujuk Ibu Hamil Inpartu Gemeli. Kali ini rujuk pasien benar-benar penuh perjuangan," tulis akun tersebut mengawali cerita di video yang ia unggah.

Ia kemudian memperlihatkan bagaimana perjuangannya bersama keluarga pasien yang harus melewati jembatan yang sebenarnya sudah tidak layak dilalui, menaiki perahu, dan harus bergelut dengan rerumputan rawa.

"Saya bingung harus bagaimana karena kami benar-benar sudah terjebak disini. Sementara pasien selalu teriak krn sangat kesakitan ditambah cuaca yang saat itu mmg benar2 panas. Dalam perjalanan saya harus selalu memantau keadaan ibu dan bayinya. Berharap semuanya baik-baik saja," cerita akun tersebut lebih lanjut.

@wike.afrilia Meskipun kami sebenarnya sudah tidak sanggup tapi harus tetap terlihat kuat depan mereka. Semoga kedepannya aksesnya bisa lebih baik lagi dari ini????????????#papua #pedalaman #kabupatenmappi #viral #fyp #tiktok #nakes #midwifery #rujukpasien #ibuhamil #gemeli ? Rumah Singgah - Fabio Asher

Dalam postingan video lanjutan, terlihat perahu yang mereka tumpangi terjebak tak bergerak di antara rerumputan rawa, namun akhirnya sejumlah orang terlihat datang membantu.

Hingga Jumat (5/5/2023), unggahan tersebut dilihat lebih dari 5 juta kali dan disukai lebih dari 200.000 pengguna.

Unggahan tersebut menuai beragam respons simpati dari banyak warganet.

"Pak jokowi tolong lihat ini. semangat kak. Tenaga medis memang pekerjaan mulia, pahala untuk kakak (love) dan doa kami," kata akun dengan nama Disinilayyina.

"Semoga cepat diperbaiki akses jalan di sana,agar para nakes lebih mudah utk memberikan pertolongan kpd warga di sekitar," kata akun dengan nama user4840463424804.

Baca juga: Viral, Foto Produk Eiger Buatan China, Ini Kata Produsen


Cerita pengunggah

Wike Afrilia (29), pemilik akun, adalah seorang bidan honorer di sebuah desa terpencil di Papua Selatan, tepatnya di Kampung Basman, Kabupaten Mappi.

Kepada Kompas.com, Wike bersedia menceritakan awal mula dirinya menangani pasien tersebut.

Jumat (28/4/2023) sekitar pukul 02.00 waktu setempat, seseorang menggedor-gedor pintu rumahnya dan membuatnya kaget hingga terbangun.

Penggedor pintu tersebut rupanya adalah suami pasien yang mengabarkan bahwa istrinya telah melahirkan, dibantu oleh keluarganya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com