Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Berang-berang Akan Tunjukkan Anaknya agar Dikasihani Musuh?

Kompas.com - 12/04/2023, 15:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyatakan bahwa berang-berang akan menunjukkan anaknya agar musuh merasa kasihan dan mereka selamat dari bahaya, viral di media sosial Twitter.

Informasi ini dibagikan akun Twitter @kegblgnunfaedh pada Senin (10/4/2023).

Dalam unggahan tersebut, pengunggah menyebut anak berang-berang menjadi jaminan keselamatan.

"Saat merasa dalam bahaya, berang-berang akan menunjukkan anak-anak mereka agar musuhnya merasa kasihan," demikian narasi pada gambar.

Hingga Rabu (12/4/2023) siang, unggahan tersebut tayang sebanyak 1,6 juta kali, disukai 36.400 akun Twitter, dan di-retweet 2.401 kali.

Lalu, benarkah berang-berang menunjukkan anaknya agar selamat dari musuh?

Baca juga: Ramai soal Kapibara Disebut Masbro, Hewan Apa Itu?


Penjelasan pakar

Anak Berang-Berang Cakar Kecil atau Asian Small-Clawed Otter (Aonyx cinereus)Abdul Haris Mustari Anak Berang-Berang Cakar Kecil atau Asian Small-Clawed Otter (Aonyx cinereus)
Dosen Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE) Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor, Abdul Haris Mustari menegaskan bahwa anggapan tersebut merupakan hal yang tidak benar.

"Berang-berang menyelamatkan diri dari musuh dengan cara menunjukkan anaknya agar musuh menjadi kasihan itu hanyalah anekdot atau cerita yang dicocokkan dengan perilaku berang-berang," jelasnya kepada Kompas.com, Rabu (12/4/2023).

Abdul mengungkapkan, induk berang-berang membawa anaknya yang masih kecil dengan cara diletakkan di mulut. Tindakan ini memperlihatkan seolah anak berang-berang digigit induknya.

Anak berang-berang yang masih kecil belum mampu berlari atau berenang dengan cepat sehingga membutuhkan bantuan induknya saat menghidari musuh dan menuju ke habitat yang lebih aman.

"Khususnya di lingkungan air, anak yang masih kecil diletakkan di mulut. Otomatis bagian mulut dan hidung sang induk berada di permukaan air, sehingga seolah induk tersebut ‘menunjukkan anaknya’ ke atas permukaan air," lanjut Abdul.

Menurutnya, perilaku induk inilah yang sebagian orang maknai sebagai tindakan induk berang-berang menunjukkan anaknya kepada musuh agar dikasihani.

"Jadi, cerita tersebut hanya kebetulan dicocokkan dengan perilaku alami dan insting induk berang-berang saat menyelamatkan anaknya," tambah Abdul.

Tindakan berang-berang ini, menurut Abdul, sama dengan seekor induk kucing yang membawa anaknya dengan cara seperti digigit karena berada di mulut sang induk.

Baca juga: Saat Seekor Beruang Kedapatan Ambil 400 Selfie dari Kamera Pengawas Satwa Liar...

Musuh berang-berang

Berang-berang membangun bendungan menggunakan potongan ranting dan kayu. Hewan pengerat terbesar ini membuat bendungan untuk berlindung dari predator dan memudahkan mereka mencari makan.SHUTTERSTOCK/Chase Dekker Berang-berang membangun bendungan menggunakan potongan ranting dan kayu. Hewan pengerat terbesar ini membuat bendungan untuk berlindung dari predator dan memudahkan mereka mencari makan.
"Satwa liar termasuk berang-berang punya insting alami untuk menyelamatkan anaknya, termasuk menyelamatkan diri dari predatornya," lanjut Abdul.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com