Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Rumah Sakit Jiwa yang Menyeramkan di Dunia

Kompas.com - 04/04/2023, 22:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Cerita-cerita mistis sering kali berasal dari bangunan tua yang terbengkalai. Namun, dibandingkan bangunan tua lainnya, bangunan bekas rumah sakit jiwa menyimpan beragam kisah misteri yang menegangkan.

Pasalnya, mayoritas kisah ini mengisahkan pasien rumah sakit yang merupakan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) kerap melakukan hal-hal yang mengerikan. Ada pula yang menceritakan kalau mereka juga kerap disiksa oleh penjaga rumah sakit tersebut.

Hal inilah yang membuat rumah sakit mental memiliki stigma yang menyeramkan di mata masyarakat.

Kisah seputar kengerian rumah sakit mental juga terceritakan dalam audio drama siniar Tinggal Nama episode “Pernikahan di Rumah Hantu [Pt.1]” dengan tautan akses dik.si/TNS5E11.

Namun, semua stigma itu pun kini perlahan memudar karena semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kesehatan mental dan perlunya penanganan sejak dini jika merasakan gejala yang mengganggu kehidupan.

Baca juga: Sering Dikaitkan dengan Mistis, Ini Fakta Menarik Burung Hantu

Meskipun begitu, kisah-kisah kelam seputar bangunan rumah sakit jiwa yang terbengkalai masih santer beredar di masyarakat. Bahkan, beberapa di antaranya menyimpan segudang cerita misteri yang membuat bulu kuduk merinding.

1. Rumah Sakit Newsham Park, Liverpool

Selama 100 tahun, rumah sakit ini telah melayani masyarakat sebagai rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, kamar mayat, dan panti jompo. Pada akhir 1800-an, Rumah Sakit Newsham Park diubah menjadi panti asuhan karena harus menampung hingga 1.000 anak sekaligus.

Aktivitas paranormal yang sering ditemui pengunjung adalah suara-suara tanpa tubuh dan langkah kaki misterius. Banyak orang memperkirakan suara ini berasal dari anak-anak yang trauma dihukum dengan keras dan dipisahkan secara paksa dari saudara mereka saat Perang Dunia II.

2. Rumah Sakit Barrow Gurney Somerset, Inggris

Rumah Sakit Jiwa Barrow Gurney merupakan salah satu contoh rumah sakit yang memberikan perawatan dan pengalaman paling buruk bagi pasien di Inggris.

Dikenal sebagai salah satu rumah sakit paling kotor, tempat itu diubah menjadi rumah sakit Angkatan Laut selama Perang Dunia II. Setelah itu, ia kembali menjadi rumah sakit jiwa hingga tahun 2006.

Sebelum dihancurkan, rumah sakit ini dihiasi dengan seni grafiti yang merujuk pada sejarah penderitaan bangunan tersebut. Bangunan tua itu pun berada dalam kondisi yang tak layak dengan jendela yang pecah, luka bakar rokok di lantai, dan struktur bangunan yang rusak parah.

Rumah sakit itu akhirnya ditutup setelah seorang pasien tewas akibat langit-langit yang roboh.

3. Suaka Lunatic Beechworth, Australia

Beechworth Lunatic Asylum, sebelumnya dikenal sebagai Mayday Hills Lunatic Asylum yang berhantu, adalah sebuah rumah sakit di Victoria, Australia yang ditutup pada 1995 telah lama tak digunakan.

Saat dibuka, rumah sakit jiwa ini penuh sesak dengan pasien. Namun, ia harus ditutup karena kejahatan pada para pasien.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com