Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pria Indonesia Dapat Penghargaan dari Kepolisian Jepang karena Selamatkan Anak Tenggelam, Bagaimana Ceritanya?

Kompas.com - 05/03/2023, 18:45 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah twit video bernarasi tiga warga negara Indonesia (WNI) menerima penghargaan dari kepolisian Jepang karena menyelamatkan anak tenggelam, viral di media sosial.

Adapun informasi tersebut dibagikan akun Twitter @Otaku_Anime_Ind pada Minggu (5/3/2023).

Dituliskan, ketiga WNI tersebut bekerja di Prefektur Tottori, Jepang.

"Mereka awalnya sedang dalam perjalanan pulang dimana Adi tiba-tiba melihat sebuah objek merah yang bergerak di kolam dengan 2 anak yang berdiri di atas tanggul, Adi pun langsung menyadari jika objek tersebut adalah Manusia, dengan sigap Adi, Nazir dan Romadi langsung menyelamatkan bocah tersebut," tulis pemilik akun.

Baca juga: Gara-gara Telat Mendarat 10 menit, Pesawat di Jepang Harus Terbang 16 Jam dari Normalnya Hanya 2 Jam

Hingga Minggu petang, twit tersebut telah dijangkau lebih dari 74.000 kali pengguna Twitter.

Baca juga: Heboh, Penemuan Bunker di Gunung Andong Disebut Peninggalan Jepang, Benarkah?

Lantas, siapa 3 WNI yang mendapatkan penghargaan dari kepolisian Jepang itu?

Siapa mereka?

Tangkapan layar tayangan YouTube mengenai tiga warga negara Indonesia (WNI) menerima penghargaan dari kepolisian Jepang karena menyelamatkan anak tenggelam.YouTube/NTV News Tangkapan layar tayangan YouTube mengenai tiga warga negara Indonesia (WNI) menerima penghargaan dari kepolisian Jepang karena menyelamatkan anak tenggelam.

Dilansir dari laman kantor polisi Kotoura Oyama di Prefektur Tottori, tiga pria Indonesia tersebut bernama Adi Reinaldi (27), Nazzil Zanari (29), dan Rohmadi (32).

"Kami (polisi) menyerahkan surat penghargaan kepada tiga pria Indonesia yang bekerja sama menyelamatkan seorang anak yang tenggelam," tulis laman tersebut.

Diberitakan NHK (1/3/2023), ketiga pria Indonesia itu menyelamatkan seorang anak laki-laki yang tenggelam di waduk di Kota Oyama, Prefektur Tottori, Jepang.

Mereka datang ke Jepang dari Indonesia dan bekerja di sebuah perusahaan grosir sayuran di Kota Yonago.

Baca juga: Misteri Owa di Kebun Binatang Jepang, Tinggal Sendiri Tiba-tiba Bunting dan Melahirkan


Kronologinya

Pada 11 Februari 2023, ketika sedang berkendara di Kuninobu, Kota Oyama, mereka melihat seorang anak laki-laki berusia 5 tahun tenggelam di waduk.

Selanjutnya, mereka bekerja sama untuk mengevakuasi anak laki-laki tersebut dari waduk. Anak laki-laki itu kemudian diantar pulang ke rumahnya.

Pada 1 Maret, Kantor Polisi Kotoura Oyama memberikan surat penghargaan kepada mereka.

"Tindakan Anda telah menyelamatkan nyawa anak tersebut. Terima kasih banyak," ujar kepala kantor polisi Tsutomu Yamamasu.

Sementara itu, Adi Reinaldi mengaku bahwa dirinya tak punya pilihan selain menyelamatkan nyawa bocah yang tenggelam itu.

Ia bersyukur dapat melakukan hal tersebut.

"Ketika saya menemukan bocah yang tenggelam itu, saya tidak punya pilihan selain menyelamatkannya, jadi saya berlari dan melompat ke kolam. Saya senang bisa menyelamatkan nyawanya," tutur Adi.

Baca juga: Makna di Balik Membungkuknya Pelatih Jepang Usai Tersingkir dari Piala Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com