Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Kartu Indonesia Pintar Disebut untuk Anak Pintar, Ini Penjelasan Kemendikbud

Kompas.com - 25/01/2023, 16:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan soal Kartu Indonesia Pintar (KIP) disebut untuk anak pintar, viral di media sosial TikTok.

Unggahan tersebut diunggah oleh akun TikTok ini. Unggahan dapat dilihat di sini.

Dalam unggahan tersebut, pengunggah bercerita seseorang yang pernah mengira bahwa Kartu Indonesia Pintar adalah bukti bahwa ia merupakan anak yang pintar.

"Dulu sering pamerin kartu Indonesia pintar (KIP) ke teman yang rangking satu di Kelas, merasa lebih pintar karna aku dapat dia enggak. Biar lebih keliatan oke aku ledekin dia langsung di depan guru tapi gurunya cuma bilang "Senyummu masih belum ada beban," tertulis dalam unggahan tersebut.

Hingga kini, unggahan telah disukai lebih dari 257.000 pengguna. Banyak warganet yang kemudian merespons soal itu.

"Sumpahh yaa pernah insecure banget ko bisa orang punya kartu indonesia pintar, apa aku sebodoh itu? Ternyata aku salah," ujar salah satu pengguna.

"Maksudnya kartu Indonesia Pintar bukan kartu untuk orang pintar tapi berkat kartu itu,orang yang tidak mampu bisa pintar karena ada bantuan pemerintah," tulis pengguna lain.

"Jadi inget dulu nngis kenceng banget gara" ngga punya Kartu Indonesia Pintar, ngira nya pinter ku ngga di akui jayaj yang punya KIP," tulis salah satu akun.

Lantas, apa itu Kartu Indonesia Pintar dan fungsinya?

Baca juga: Ini Syarat Gaji Orangtua bagi Siswa Pendaftar KIP Kuliah


Fungsi KIP

Kartu Indonesia Pintar merupakan bentuk pelaksanaan dari Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP sendiri merupakan program dari pemerintah yang diberikan melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ristek Anang Ristanto menjelaskan, PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin atau rentan miskin atau prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA atau SMK, jalur nonformal paket A sampai paket C, dan pendidikan khusus.

"Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya," kata Anang, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

Sementara itu KIP Kuliah Merdeka ditujukan untuk mewujudkan mimpi para siswa dari keluarga miskin dan rentan miskin yang berprestasi dari seluruh Indonesia untuk dapat kuliah pada berbagai program studi unggulan di kampus- kampus terbaik di seluruh Indonesia.

Baca juga: Seperti Ini Cara dan Syarat Dapatkan Kartu Indonesia Pintar

Apa itu Kartu Indonesia Pintar?

Dikutip dari PIP, program ini diharapkan bisa meringankan biaya personal pendidikan peserta didik baik secara langsung maupun tidak langsung.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com